Lima Hektare Lahan Gambut di Siak Kembali Terbakar

PERISTIWA | 27 Januari 2020 21:29 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Lahan gambut seluas 5 hektare terbakar di Kampung Sri Gemilang, Koto Gasib, Siak, Riau. Sejumlah personel kepolisian berupaya melakukan pemadaman bersama tim gabungan lainnya.

"Yang terbakar adalah lahan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) dengan kondisi tanah gambut. Lahan ini ditanami sawit," ujar Kapolsek Koto Gasib, Ipda Suryawan, Senin (27/1).

Suryawan menyebutkan, terbakarnya lahan HTR itu pada Minggu sore kemarin. Hingga saat ini, tim gabungan terdiri dari TNI/Polri, BPBD Siak dan PT Kimia Tirta Utama (KTU) masih berjibaku memadamkan si jago merah tersebut.

Alat yang digunakan petugas berupa enam unit mesin pompa air dan satu unit alat berat ekskavator. Setelah api dipadamkan, polisi juga akan melakukan pendinginan.

"Lahan ini bakal masih mengeluarkan asap. Karena kedalaman lahan gambut ini sekitar 2-3 meter," jelasnya.

Petugas di lapangan juga sudah membuat embung air. Hal itu dilakukan agar petugas lebih cepat memadamkan api. "Kita masih menyelidiki terbakarnya lahan HTR tersebut. Saat ini kita masih fokus melakukan pemadaman," tandasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Kebakaran di Suaka Margasatwa Bengkalis Hanguskan Belasan Hektare
Polisi Tetapkan 9 Tersangka Karhutla Riau
Nestapa Hewan-hewan Langka Mati dan Terluka dalam Kebakaran Hutan Australia
Memantau Asap Kebakaran Hutan dari Gedung Tertinggi di Melbourne
Menengok Penanganan Koala Korban Kebakaran Hutan di Australia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.