Lima Rumah dan Satu Majelis Taklim di Garut Rusak Diterjang Puting Beliung

PERISTIWA » MALANG | 22 November 2019 23:01 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Wilayah utara Kabupaten Garut, Jumat (22/11) sore, kembali diterjang angin puting beliung yang disertai hujan. Dalam peristiwa tersebut lima rumah dan satu bangunan majelis taklim mengalami kerusakan dan beberapa warga luka-luka.

Komandan Koramil Malangbong, Kapten Inf Ade Armi menyebut bahwa peristiwa angin puting beliung terjadi di Kampung Citeras, Desa Bunisari, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. ia menyebut sebelum angin puting beliung terjadi, hujan deras sempat mengguyur wilayah tersebut selama beberapa saat.

"Dalam peristiwa angin puting beliung ini lima rumah dan satu majelis taklim mengalami kerusakan, dua di antaranya mengalami rusak berat milik Amin dan bangunan majelis taklim. Genting dan kayu penopangnya berhamburan terbawa angin," ujarnya.

Ia menyebut bahwa dalam peristiwa angin puting beliung tersebut juga menyebabkan dua warga mengalami luka akibat benturan genting. Kedua orang warga yang mengalami luka diketahui bernama Elah (40) dan Amar (15).

1 dari 1 halaman

Baru Pertama Kali Terjadi

Peristiwa yang terjadi sore hari menjelang adzan magrib tersebut, disebut Danramil cukup mengagetkan warga. Hal tersebut dikarenakan peristiwa tersebut baru pertama kali terjadi di wilayah tersebut.

"Namun memang kalau melihat peta bencana, wilayah utara Garut ini memang salah satu wilayah yang rawan terjadi bencana alam angin puting beliung," katanya.

Beberapa warga yang rumahnya mengalami kerusakan, hingga saat ini melakukan proses perbaikan secara langsung. Namun untuk yang tinggal di rumah Amin terpaksa diungsikan terlebih dahulu ke tempat yang aman dan nyaman.

"Saya sudah terjunkan personil ke lapangan untuk ikut membantu proses perbaikan rumah yang terdampak angin puting beliung. Untuk warga yang mengalami luka juga sudah mendapatkan perawatan," tutupnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Pemkab Sragen Janji Tanggung Biaya Pengobatan Siswa Korban Aula Ambruk
Aula SMK di Sragen Ambruk Saat Siswa Sedang Praktik Mengelas
14 Murid Luka Akibat Aula SMKN 1 Miri Sragen Roboh Dihantam Angin Puting Beliung
Angin Kencang Terjang Ngawi, Genting Rumah Beterbangan
Atap Ruang Kelas Rusak Diterjang Puting Beliung, Siswa SD di Serang Belajar di Tenda
Puting Beliung Hantam 3 Desa di Banyuasin, 82 Rumah Hancur
Angin Kencang Kembali Terpa Warga Kaki Gunung Arjuno