Limbah Kertas Berceceran di Jalanan Karawang Sebabkan 6 Pengendara Kecelakaan

Limbah Kertas Berceceran di Jalanan Karawang Sebabkan 6 Pengendara Kecelakaan
PERISTIWA | 28 Februari 2020 21:07 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Enam pengendara sepeda motor kecelakaan di Jalan Tanjungpura, Karawang, Jawa Barat, lantaran tergelincir akibat limbah kertas yang diangkut truk diduga milik PT P 1 tercecer. Satu korban mengalami luka serius dan dirawat di RS Islam Karawang.

Truk bermuatan limbah kertas No Pol B9160 FYU yang dikemudikan Ade, melaju dari arah timur menuju barat. Saat di lokasi kejadian, tiba-tiba bak truk bocor sehingga muatan limbah kertas berair berceceran di sepanjang jalan. Selain menimbulkan bau tidak sedap, juga membuat jalanan licin.

"Saya bawa muatan dari PT Pindodeli mau diangkut ke Cilegon, "kata Ade di lokasi kejadian, Jumat (28/2).

Aktivitis lingkungan hidup KPLH Karawang, Arif menegaskan ceceran limbah bubur kertas tersebut selain menimbulkan bau tak sedap juga membahayakan pengguna sepeda motor. Menurutnya ada seorang perempuan sampai terseret motor sejauh lima meter.

"Ada insiden kecelakaan menimpa enam motor, satu pengendara motor perempuan mengalami luka serius sehingga harus dievakuasi ke rumah sakit terdekat," kata Arif.

Arif menduga limbah bubur kertas milik perusahaan kerta terbesar di Karawang tersebut merupakan limbah B3 karena bau tidak sedap sangat menyengat. "Sopir mengakunya ambil muatan di PT Pindedeli tetapi dokumennya manifes tidak jelas," tuturnya.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang memeriksa limbah bubur kertas tersebut, dan meminta keterangan sopir. Sementara truk digiring pengurus kendaraan ke salah satu bengkel. (mdk/cob)

Baca juga:
Kolonel TNI Ngamuk Perusahaan BUMN Buang Limbah Berbahaya ke Citarum, Ini Momennya
Limbah Medis Rumah Sakit di Karawang Dibuang Sembarangan, Ada Jarum Suntik Bekas
PT Chevron Diminta Libatkan Pemuda Riau Kelola Penanganan Limbah
Buang Limbah B3 di Permukiman, 2 Pengusaha di Karawang Ditangkap Polisi
Limbah Beracun Dibuang Sembarangan di Pinggir Jalan
Tidak Tahan Bau Limbah Menyengat, Ratusan Warga Sukoharjo Geruduk Pabrik PT RUM

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami