LIPI Ungkap 4 Alasan Konflik Papua Tak Pernah Selesai

LIPI Ungkap 4 Alasan Konflik Papua Tak Pernah Selesai
Jokowi di Papua. ©2019 BPMI Setpres
PERISTIWA | 5 Desember 2020 20:32 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rosita Dewi menilai, pemerintah belum menyentuh akar persoalan di Papua. Dia bilang, ada empat akar permasalahan yang menyebabkan sering terjadinya konflik di bumi Cendrawasih.

“Ada empat setidaknya akar persoalan yang ada di Papua dalam konflik Papua ini, pertama persoalan marginalisasi dan diskriminasi. Kemudian kegagalan pembangunan, ketiga pelanggaran HAM, keempat persoalan status politik dan interpretasi terhadap sejarah Papua," katanya saat diskusi ‘Setelah Otonomi Khusus, Apa Lagi Jurus Untuk Papua?’, Sabtu (5/12).

“Keempat persoalan ini sebenarnya secara dinamika masih terus berlanjut, karena kalau kita melihat kebijakan yang diambil pemeriksaan tidak address akar persoalan dari konflik tersebut," tambah penulis buku Road Map Papua itu.

Selain itu, lanjutnya, persoalan di Papua sekarang bukan hanya terkait dengan kekerasan aparat. Tapi juga dengan ekonomi, sosial dan budaya. Sehingga, hak-hak dasar itu merupakan bagian dari pemenuhan hak asasi manusia.

"Jika persoalan pendidikan, kesehatan itu tidak terpenuhi itu perlu dipertanyakan juga apa hak asasi manusia orang asli Papua," ucapnya.

Menurutnya, hak kesehatan sama dengan hak hidup. Sebab, kesehatan sangat berkaitan dengan hidup mati seseorang. Jika itu tidak bisa terpenuhi persoalan HAM di Papua perlu dipertanyakan.

"Hak asasi manusia jangan hanya dibatasi persoalan politik saja tapi merupakan persoalan yang berkaitan dengan ekonomi, sosial, budaya," tandasnya. (mdk/rnd)

Baca juga:
LIPI Ungkap 4 Alasan Konflik Papua Tak Pernah Selesai
Tokoh Papua Kritik Jokowi Bangun Jalan di Tengah Hutan, Tak Ada yang Berani Lewat
Misteri Hilangnya Prajurit Kodim Mimika saat Berpatroli, 17 Hari Pencarian Nihil
PKS Usulkan Jokowi Bentuk Kementerian Khusus Papua dan Indonesia Bagian Timur
Mahfud: Dana untuk Papua Besar Sekali, Tetapi Dikorupsi Elite di Sana
Wakapolri Tegaskan yang Ikuti Deklarasi Benny Wenda akan Ditindak
CEK FAKTA: Hoaks Kapolda Papua Sebut Tidak Bertanggung Jawab atas Penembakan di Ilaga

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami