Listrik di Jayapura Berangsur Normal usai Dipadamkan Akibat Demostrasi Anarkis

PERISTIWA | 29 Agustus 2019 22:36 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - PLN berhasil menormalkan kembali sistem kelistrikan disejumlah daerah Jayapura yang sempat padam. Dari Beban Total Sistem Jayapura sekitar 75 MW yang berasal dari 40 penyulang.

Hingga malam ini yang masih mengalami pemadaman adalah sebesar 3 MW yang tersebar di 2 penyulang yakni Maleo dan Merak.

"Kedua penyulang tersebut mengalami putus penghantar, petugas saat ini sedang mempersiapkan material agar bisa dilakukan perbaikan," kata Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/8).

Selain itu, petugas tetap siaga untuk terus menjaga dan memastikan pasokan listrik warga lancar. PT PLN Unit Wilayah Papua menginformasikan bahwa enam titik di wilayah Jayapura mengalami pemadaman listrik.

Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah dalam siaran pers di Jakarta, Kamis mengatakan enam wilayah yang sedang mengalami pemadaman sekitar 19 MW tersebar di 6 penyulang yaitu Merak, Nuri, Mambruk, Kasuary, Rajawali dan Maleo.

Meski terjadi pemadaman, beban sistem Jayapura pada sekitar pukul 19.00 WIB mencapai sekitar 56 MW dengan 34 penyulang dalam kondisi normal. Upaya penormalan terus dilakukan untuk penyulang yang sudah aman atau bebas dari api akan langsung dinyalakan kembali agar pelanggan segera bisa menikmati listrik.

Pengecekan seluruh penyulang dilakukan secara ketat demi pengamanan dan kenyamanan pelanggan. "PLN akan terus memberikan informasi progress penormalan infrastruktur kelistrikan di Jayapura," ujar Dwi Suryo.

Terkait adanya aksi massa yang terjadi di Jayapura, semua sistem PLN beroperasi secara normal, kecuali penyulang dilokasi yang terbakar untuk pengamanan.

Tepatnya di sekitar kantor Telkom. Upaya ini harus dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga kondisi dapat segera kondusif. Pengecekan penyulang yang sempat terbakar sedang dilakukan oleh petugas PLN untuk upaya penormalan. (mdk/gil)

Baca juga:
Kantor di Jayapura Papua Dibakar Massa, Telkom Pastikan Seluruh Karyawan Aman
Jokowi Segera Bertemu Tokoh Adat dan Agama Papua
Situasi di Jayapura Berangsur Kondusif, Personel TNI dan Polri Masih Berjaga
Jokowi: Saya Minta Warga Tenang dan Tak Lakukan Tindakan Anarkis di Papua
Kantor Dibakar Massa, Telkom Tutup Layanan GraPARI di Jayapura
Anak-anak dan Wanita Warga Jayapura Memilih Bermalam di Lantamal X
Ical Soal Papua: Hindari Lebih Banyak Korban dan Upaya Ganggu Persatuan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.