Lomba Tradisional Balap Kodok Meriahkan Perayaan HUT RI di Makassar

PERISTIWA » MAKASSAR | 18 Agustus 2019 01:35 Reporter : Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Road Race kodok atau balapan kodok ala kelompok anak-anak muda di Jalang Mallengkeri 3, Kecamatan Tamalate, Makassar, berlangsung heboh, Sabtu (17/8). Panitianya adalah para pemuda dan pesertanya rata-rata anak usia Sekolah Dasar.

Mungkin hadiahnya tidak begitu seberapa, namun bagi peserta sangat berarti. Dan yang terpenting, selain menggembirakan anak-anak, memeriahkan peringatan HUT RI ke-74, kegiatan sederhana ini bisa mengeratkan persaudaraan serta persatuan warga.

Ada lima lintasan sejauh lima meter yang disediakan panitia, juga beberapa kodok kecil. Lima anak peserta road race kodok ini siap-siap di garis start, memancing kodoknya berlompatan ke garis finish dengan cara menepuk permukaan jalan. Di sinilah kehebohannya saat ada kodok yang malas melompat, menyeberang lintasan sehingga peserta pun saling tabrakan mengejar kodok.

Anto (43), tokoh pemuda Mallengkeri mengatakan, balapan kodok ini adalah salah satu dari beberapa lomba yang digelar untuk memeriahkan HUT RI ke 74. Khusus balapan kodok ini, sudah tahun kelima digelar.

Dijelaskan, balapan kodok ini sengaja jadi pilihan karena kodok mudah ditemukan. Kebetulan kawasan Jalan Mallengkeri dekat dengan sungai. Kegiatan ini murni inisiasi pemuda Mallengkeri yang tergabung dalam kelompok Schar, atau Seniman Creatif Anak Mallengkeri untuk memeriahkan peringatan perayaan hari kemerdekaan RI.

"Dulu anak-anak muda sini kerap tawuran antarmereka. Lalu dibentuklah kelompok Schar ini untuk menyatukan mereka untuk diarahkan ke hal-hal positif. Alhamdulillah cara ini bisa mengurangi tensi konflik antarpemuda. Khusus di momen 17 Agustusan, pemuda-pemuda Schar yang sudah generasi ke tiga ini selalu terlibat aktif," kata Anto. (mdk/cob)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.