Luhut Naik Kereta Bandara YIA: Nyaman dan Pemandangan Bagus

Luhut Naik Kereta Bandara YIA: Nyaman dan Pemandangan Bagus
Menko Luhut Panjaitan Tinjau Pembangunan Bandara Dhoho Kediri. ©2021 Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
NEWS | 27 Agustus 2021 21:01 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjajal kereta api khusus Bandara YIA, Jumat (27/7). Didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Luhut menjajal KA ini dari Bandara YIA menuju ke Stasiun Tugu Yogyakarta.

Sebelum menjajal, Luhut sempat melakukan soft launching operasional terbatas KA Bandara YIA ini. Soft launching ini menandai rampungnya pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Kedundang sampai YIA.

Dengan adanya KA ini, jarak tempuh dari Bandara YIA ke Stasiun Tugu dari yang sebelumnya membutuhkan waktu 60 menit bisa dipersingkat menjadi 40 menit.

"Sangat nyaman. Karena pemandangannya bagus. Kereta apinya juga bagus," kata Luhut usai menjajal kereta ini.

Luhut menyebut dengan adanya KA khusus bandara ini bisa mendongkrak pariwisata di DIY. Dengan kemudahan aksesbilitas bagi wisatawan diharapkan kunjungan wisata di DIY mengalami peningkatan.

"Juga dalam pembangunannya membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kemudahan aksesbilitas daripada masyarakat yang ramah lingkungan. Kita sudah mengetahui bahwa Yogyakarta merupakan Kota Pelajar, tujuan destinasi wisata, KSPN. Sehingga KA ini disiapkan untuk meningkatkan juga perhubungan pariwisata ke daerah ini," papar Luhut.

Luhut mewanti-wanti pada operator KA khusus ini agar mengedepankan kenyamanan dan keselamatan penumpang. Luhut juga mengingatkan agar KA ini juga mengintegrasikan operasionalnya dengan aplikasi PeduliLindungi demi mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Nanti grand launching-nya akan dilakukan Pak Presiden. Saya kira biar agak landai dulu Covid ini," tutup Luhut. (mdk/eko)

Baca juga:
Mulai September 2021, Tarif KA Bandara Yogyakarta Dipatok Rp 20.000
Luhut Resmikan Pengoperasian KA Bandara Yogyakarta
Kereta Bandara YIA Target Mulai Beroperasi September
Sambut Operasional KA Bandara YIA, KAI Siapkan Layanan Ini di Stasiun
Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Bandara Jogja Bikin Merinding, Semua Orang Nyanyi
Sukses di Yogyakarta, PT PP Siap Bangun Bandara Baru

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami