Luhut Tinjau Lokasi Pembangunan Masjid dari Putra Mahkota Abu Dhabi di Solo

PERISTIWA | 29 Agustus 2019 16:43 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan meninjau sebuah lahan milik PT Pertamina, di samping SPBU Gilingan, Solo, Kamis (29/8). Informasi yang dihimpun, lahan yang cukup luas tersebut akan dibangun sebuah masjid dan Islamic center.

Luhut tak menampik jika lahan tersebut sebagai lokasi alternatif untuk pembangunan masjid bantuan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan. Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab (UEA) tersebut selama ini memang dikenal bersahabat baik dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

"Ini saya lihat tanahnya. Prince Mohamed bin Zayed itu kan teman baik sama Presiden Jokowi. Dia mau bantu hibahkan satu masjid yang baik, terus ada sekalian tempat seperti pendidikan mengenai Islam," ujar Luhut.

Luhut menjelaskan, Crown Prince of Abu Dhabi berulangkali menyampaikan kepada Presiden Jokowi terkait keinginannya. Yakni memberikan bantuan seperti yang dia lakukan di Arab Saudi dan negara lainnya dalam rangka menularkan Islam yang ramah, bersahabat dan tanpa kekerasan.

Sebelum kunjungan Luhut, Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia Mohammed Abdulla Al Ghfeli juga melakukan peninjauan di lahan yang sama, Jumat, 16 Agustus 2019 lalu. Namun Ghfeli tak bersedia memberikan keterangan terkait kunjungannya tersebut.

Selain ke lahan Pertamina yang saat ini telah dihibahkan ke Pemkot Solo, Menteri Luhut juga mengunjungi pembangunan Masjid Taman Sriwedari Solo dan PLTSa Putri Cempo.

Baca juga:
Jokowi Memperbolehkan Warga 'Sekolahkan' Sertifikat Tanah, Asal Mampu Bayar
Presiden Jokowi Harap Bandara Yogyakarta Bisa Maksimal Layani Pemudik Tahun Depan
Jokowi Tinjau Bandara Yogyakarta: Ini Pembangunan Airport Paling Cepat di Indonesia
Jokowi: Bandara Baru Yogyakarta Sangat Besar, Bisa Tampung 20 Juta Penumpang
Kunjungan Kerja, Jokowi Tinjau Candi Borobudur dan Nonton Wayang Kulit di Purworejo

(mdk/ray)