Luhut: Varian Baru Corona Berbahaya Tapi Tidak Mematikan

Luhut: Varian Baru Corona Berbahaya Tapi Tidak Mematikan
Menko Luhut Panjaitan. ©2020 Istimewa
PERISTIWA | 4 Maret 2021 09:13 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menilai, varian baru virus corona bernama B117 tidak mematikan. Namun, Luhut menggarisbawahi, varian baru tersebut tetap perlu diwaspadai.

"Kalau ada berita mengenai ada varian baru masuk, itu tidak mematikan amat, berbahaya tapi tidak mematikan amat, tapi membuat penyebaran luas," kata Luhut saat berdialog dengan masyarakat dan petani di kawasan mangrove Teluk Naga, Banten, Rabu (3/3).

Luhut memastikan, antisipasi pemerintah adalah dengan melakukan vaksinasi. Hingga saat ini, menurut catatannya, jumlah vaksin tersedia cukup banyak dan akan terus ditambah seiring berjalannya waktu.

"Persiapan vaksin kita itu cukup sampai tahun depan, jadi kalau pun kita punya sekarang untuk lebih 181 juta jiwa lebih. Kita juga akan ada vaksin merah putih, akan bisa terbit Insya Allah kuartal keempat tahun ini," yakin Luhut.

Luhut berharap, pemutusan rantai penyebaran virus corona adalah upaya bersama. Dia percaya, dengan bahu membahu dan mensukseskan program vaksinasi nasional, Indonesia dapat bangkit dari pandemi.

"Jadi upaya kita semua bahu membahu untuk ikut program vaksinasi atau imunisasi, ini program penting, jadi jangan ragu, pemerintah siapkan itu semua, karena itu protokol kesehatan, pakai maske r, cuci tangan paling penting, jaga jarak," tutup Luhut. (mdk/rnd)

Baca juga:
Menag Sebut Peran Tokoh Agama Bantu Penurunan Tren Kasus Covid-19
Varian Baru Corona B117 Masuk Indonesia Awal Februari 2021
Kemenkes Sebut WNI yang Terpapar Corona B117 Lakukan Perjalanan dari Arab Saudi
Suasana Tempat Karantina Pasien Covid-19 Berkonsep Glamour Camping
Sultan HB X Andalkan PPKM Mikro Hadapi Varian Baru Virus Corona
Satgas: Data Covid-19 dari 514 Kabupaten/Kota Susah Disinkronkan
Mutasi Virus Corona B117 Terdeteksi di Karawang, Begini Faktanya

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami