MA kirim 3 hakim agung pantau sidang kasus Lapas Cebongan

MA kirim 3 hakim agung pantau sidang kasus Lapas Cebongan
Gedung Mahkamah Agung. Merdeka.com/Arie Basuki
PERISTIWA | 19 Juni 2013 08:59 Reporter : Baiquni

Merdeka.com - Mahkamah Agung (MA) mengirim tiga orang hakim agung yang telah ditunjuk untuk mengawasi jalannya persidangan terhadap 11 anggota Kopassus pelaku penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, DI Yogyakarta. Ketiga hakim agung tersebut yaitu Ketua Kamar Militer Imron Anwari, Hakim Agung Gayus Lumbuun dan Hakim Agung Andi Abu Ayyub.

"Siang ini kami berangkat ke Yogya untuk memantau persidangan yang akan digelar besok," ujar Hakim Agung Gayus Lumbuun di Jakarta, Rabu (19/6).

Gayus mengatakan, pemantauan sidang ini dijalankan untuk melaksanakan fungsi pembinaan. Menurut dia, hal ini untuk memastikan persidangan dapat berjalan secara transparan meskipun berada di lingkungan militer.

"Walaupun para terdakwa merupakan anggota TNI dan diadili di pengadilan militer, namun masyarakat dapat menyaksikan bahwa persidangannya akan transparan, adil, objektif, dan imparsial," terang Gayus.

Sebelumnya, 11 anggota Kopassus rencananya akan disidangkan oleh Mahkamah Militer II-11 Yogyakarta. Para tersangka akan dititipkan di Denpom IV/2 Yogyakarta selama proses persidangan berlangsung hingga vonis dijatuhkan. (mdk/hhw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami