MA Tolak Ungkap Kronologi Kasus Suap Hakim Agung Sudrajad: Nanti Dikira Membela

MA Tolak Ungkap Kronologi Kasus Suap Hakim Agung Sudrajad: Nanti Dikira Membela
Gedung Mahkamah Agung. Merdeka.com/Arie Basuki
NEWS | 23 September 2022 13:34 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Hakim Agung Sudrajad Dimyati (SD) menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (23/9). Sudrajad sebelumnya ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro tidak berkenan mengungkap kronologi penetapan tersangka Sudrajad hingga akhirnya ia menyerahkan diri ke KPK. Alasannya, MA tak ingin dianggap seperti membela Sudrajad.

"Kalau kami memberikan penjelasan nanti dikira tidak objektif membela, dan sebagainya menyerahkan pada mekanisme hukum yang berlaku," kata Andi saat jumpa pers di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Jumat (23/9).

Menurutnya, MA tidak berkapasitas mendahului penjelasan kronologi. MA menyerahkan sepenuhnya kepada KPK.

"MA tidak pada tempatnya untik mendahului memberi penjelasan bagaimana kronologi kejadiannya, kita serahkan saja nanti di KPK karena dia melakukan penangkapan melalakukan pemeriksan dan sebagainya," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Hakim Agung Sudrajad Dimyati menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (23/9). Sudrajad sebelumnya ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Sudrajad tiba di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan sekitar pukul 10.30 WIB. Dia datang dengan didampingi empat orang lainnya tanpa memberikan keterangan ke awak media.

KPK sebelumnya menetapkan 10 orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA). Salah satunya Sudrajad Dimyati (SD).

Sembilan tersangka lainnya adalah Hakim Yustisial atau Panitera Pengganti MA Elly Tri Pangestu (ETP), Desy Yustria (DY) selaku PNS pada Kepaniteraan MA, Muhajir Habibie (MH) selaku PNS pada Kepaniteraan MA, Kemudian dua PNS MA bernama Redi (RD) dan Albasri (AB), lalu dua pengacara bernama Yosep Parera (YP) dan Eko Suparno (ES), serta dua Debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana Heryanto Tanaka (HT) dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS). (mdk/ray)

Baca juga:
Jadi Tersangka Suap Perkara MA, Hakim Agung Sudrajad Dimyati Menyerahkan Diri ke KPK
Konstruksi Perkara Suap Hakim Agung Sudrajad Dimyati dan Kawan-Kawan
Daftar 10 Tersangka Suap Penanganan Perkara di MA, Termasuk Hakim Agung Sudrajad
KPK Peringatkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati Menyerahkan Diri
KPK Tetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati Tersangka Suap Penanganan Perkara di MA

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini