Mabes Polri: Pilkada di Aceh kondusif

PERISTIWA | 9 April 2012 17:34 Reporter : Mustiana Lestari

Merdeka.com - Pilkada Aceh yang berlangsung hari ini dinyatakan aman. Meski sebelumnya beberapa teror sempat terjadi jelang Pilkada, namun polisi telah mengambil langkah pengamanan.

"Aceh, sampai sekarang suasana berjalan aman, tidak ada masalah. Kita akan pantau sampai selesai.  Setelah nantinya selesai pencoblosan akan dilaksanakan perhitungan suara dan akan kami informasikan kembali" ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Senin (9/4).

Polisi mengamankan 8.762 dari 9.754 tempat pemungutan suara (TPS). Suasana pencoblosan berlangsung kondusif. Hari Minggu lalu (8/4), sempat ditemukan surat suara tidak sah dan rusak. Tapi kemudian surat-surat suara ini sudah dihancurkan dan diganti sehingga tidak menimbulkan masalah yang serius.

"Ditemukan adanya surat suara yang rusak sekitar 100an. Telah dimusnahkan dan juga telah diganti dengan surat suara yang sah sehingga waktunya pemilihan tertib dan lancar," tandasnya lagi.

Hari ini pesta demokrasi di Aceh berlangsung. Untuk menghindari terjadinya hal yang tak diinginkan polisi beserta Polri telah siaga dan memantau Aceh sejak Maret lalu.

Lima pasang calon gubernur dan wakil gubernur mengikuti Pilkada Aceh hari ini. Pasangan nomor urut satu, Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah, nomor dua pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan. Pasangan nomor urut 3, Darni M Daud-Ahmad Fauzi, pasangan nomor empat Muhammad Nazar-Nova Iriansyah serta pasangan terakhir Zaini Abdullah dan Muzakkir Manaf. (mdk/ian)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.