Mabes Polri Tegaskan Pemilu 2019 Berjalan Damai, Situasi Aman Terkendali

PERISTIWA | 18 April 2019 08:46 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Mabes Polri mengungkapkan keamanan menjelang hingga hari pencoblosan Pemilu 2019 terkendali. Meski sempat terjadi gesekan di beberapa daerah, namun aparat gabungan TNI-Polri mampu meredamnya.Hingga saat ini kondisi di Jakarta maupun daerah-daerah lain terpantau kondusif.

"Secara umum hari pencoblosan laporan yang masuk alhamdulillah sangat kondusif, meski ada beberapa kejadian seperti di Sampan, Blitar hingga Sumsel namun semua bisa tertangani dengan baik. Situasi bisa dikendalikan oleh aparat keamanan," kata Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dihubungi merdeka.com, Kamis (18/4).

Fokus saat ini, lanjut Dedi, adalah aparat mengawal surat suara ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) hingga ke tingkat Kabupaten/Kota.

"Dan kita minta masyarakat tidak memobilisasi massa apalagi melaksanakan konvoi merayakan kemenangan lebih awal. Lebih sabar, tahan diri tunggu sampai 22 Mei resmi diumumkan KPU," imbau Dedi.

Imbauan Polri

Selain itu, Dedi meminta masyarakat tidak terpancing akun-akun provokatif yang kian menjamur pasca penghitungan cepat atau quick count versi lembaga survei. Sebab, akun-akun tersebut dibuat oleh orang tidak jelas yang menginginkan perbuatan pelanggaran hukum terjadi.

"Imbauan kepada masyarakat khususnya pengguna media sosial agar lebih bijak menggunakan media sosial sebagai saran publik. Dan tidak mudah percaya kepada konten-konten bersifat provokatif, agitatif serta penghasutan-penghasutan yang mengarah ke tindakan-tindakan negatif karena penyebar akun anonim yang sengaja memprovokasi membuat masyarakat berbuat melanggar hukum," tegas Dedi.

Saat ini, Mabes Polri berkoordinasi dengan Kominfo untuk menurunkan atau take down sejumlah akun anonim yang dinilai memprovokasi masyarakat.

"Konten-konten provokatif sudah diprofiling tim siber. Nanti dipersiapkan bukti-buktinya apabila sudah cukup kuat akan dilakukan penegakkan hukum. Namun, sebelumnya Polri sudah berkoordinasi dengan Kominfo untuk take down akun-akun bersifat provokatif. Kita akan terus patroli siber," tegasnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Polri Pastikan Pemilu 2019 Berlangsung Aman dan Kondusif
Dua Polisi Gugur Demi Menjaga Suara Rakyat Tersalurkan di Pemilu 2019
800 Polisi Diterjunkan Kawal TPS di Surakarta
Polri Tunggu Polisi Malaysia soal Video Surat Suara Tercoblos
Apel Patroli Skala Besar TNI-Polri Amankan Pemilu 2019
Kapolda Jabar Bersama Pangdam III Siliwangi Patroli Jelang Pencoblosan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.