Mabes TNI Tunjuk Putra Asli Papua Mayjen Joppye Onesimus Jadi Pangdam Cendrawasih

PERISTIWA » MALANG | 14 Agustus 2019 16:32 Reporter : Ramadhian Fadillah

Merdeka.com - Mabes TNI melakukan rotasi sejumlah jenderal. Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen Yosua Pandit Sembiring digeser menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI.

Posisi Pangdam Cendrawasih akan diisi oleh Mayjen Joppye Onesimus Wayangkau yang saat ini menjabat sebagai Pangdam XVII/Kasuari. Sebagai gantinya, dipilih Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, dari Wadan Sesko TNI menjadi Pangdam XVIII/Kasuari.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/872/VIII/2019 tanggal 14 Agustus 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 56 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 17 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 19 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 20 Pati jajaran TNI Angkatan Udara.

Joppye yang lahir di Serui, Papua, 17 Juli 1962 merupakan putra Papua dengan karir cemerlang. Dia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 dari kecabangan Infanteri.

Sebelum ditugaskan di Tanah Kelahirannya, Joppye sudah malang melintang melakukan penugasan di sejumlah daerah di Indonesia antara lain sebagai Danyonif 407/PK, Kodam IV/Diponegoro pada tahun 2000-2003.

Dengan pengalaman yang dimilikinya, Joppye yang juga pernah menjabat sebagai salah satu Dandim di Kodam IV/Diponegoro. Dia juga pernah menjadi Danrem 172/PWY. Pernah juga menjabat sebagai Pati Sahli TK III Bid Sosbud HAM Panglima TNI.

(mdk/has)

TOPIK TERKAIT