Mahasiswa Tewas Tenggelam Saat Berenang di Pantai Parangtritis Tengah Malam

Mahasiswa Tewas Tenggelam Saat Berenang di Pantai Parangtritis Tengah Malam
PERISTIWA | 9 Februari 2020 13:03 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Nasib naas dialami oleh sekelompok mahasiswa yang sedang berwisata ke Pantai Parangtritis, Sabtu (8/2). Rombongan mahasiswa yang bermain air di Pantai Parangtritis sekitar pukul 23.00 WIB ini terseret ombak.

Anggota SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis, Ali Sutanto mengatakan, ada serombongan wisatawan yang terdiri dari 8 mahasiswa datang ke Pantai Parangtritis. Awalnya kedelapan mahasiswa ini hanya duduk-duduk di pinggir pantai.

Usai duduk-duduk di pinggir pantai dari delapan mahasiswa, tujuh orang kemudian bermain air di pantai. Sedangkan satu orang mahasiswa memilih hanya duduk-duduk saja di pinggir pantai.

"Jadi jam 11 malam itu ada rombongan delapan orang datang pakai motor, mereka sempat ngobrol-ngobrol di pinggir pantai dan selanjutnya tujuh dari delapan orang itu berinisiatif bermain air di pantai malam-malam," ujar Ali, Minggu (9/2)

Ali merinci, tujuh mahasiswa yang bermain air di pantai adalah Gabriel Zefanya Gerungan (18), Leonardo Manihuruk (20), Fazar Hosea Napitupulu (18), Dante Levi (19), Kevin Hasiholand (18), Jeven Samuel Rendawa (20), dan Eagan Chang Wen Tan (20).

1 dari 1 halaman

Sementara itu, sambung Ali, Muhammad Windi (20), memilih untuk tidak berenang di malam hari.

"Ketujuh mahasiswa ini bermain air di daerah palung. Kemudian terseret ombak. Mereka terseret ombak hingga ke tengah," terang Ali.

Ali menjelaskan saat terseret ombak ini, ada salah satu anggota SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis ada yang melihat insiden tersebut. Anggota, sambung Ali pun segera melakukan pertolongan.

"Lima orang berhasil diselamatkan. Lima orang ini identitasnya adalah Gabriel, Leonardo, Fazar, Dante, dan Kevin. Dua orang dinyatakan hilang yaitu Jeven dan Eagan," ungkapnya.

Dia menambahkan tim SAR pun melakukan pencarian terhadap dua korban yang tak berhasil diselamatkan. Berjarak 500 meter dari lokasi kecelakaan laut itu, seorang korban bernama Eagan ditemukan tewas mengapung.

"Setelah melakukan pencarian, akhirnya tim SAR menemukan satu lagi (Eagan) di Pantai Parangkusumo, tepatnya sekitar 500 meter dari TKP. Untuk kondisinya saat ditemukan sudah meninggal," papar Ali.

Ali menambahkan jenazah Eagan pun dibawa ke Posko SAR. Setelahnya jenazah dibawa ke Rumah Sakit. Ali menjelaskan pihaknya SAR masih mencari seorang korban lagi yang bernama Jeven.

"Masih satu (Jeven) yang belum ketemu, ini nanti nunggu sampai siang, kalau belum ketemu kami lakukan penyisiran darat," pungkas Ali. (mdk/fik)

Baca juga:
Berenang di Pantai Holtekam, Pemuda 23 tahun Hilang Terseret Ombak
Warga Karanganyar Hanyut Mandi di Sungai Cemoro
Lagi Cari Ikan, Adfan Hilang Terseret Arus Kali Bekasi
Seorang Bocah Tenggelam Usai Terseret Arus Kali Pesanggrahan
Mandi di Laut, Dua Bocah di Makassar Tewas Tenggelam, Bapak Hilang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5