Mahasiswi Unilak Sabet Tiga Emas Kejuaraan Renang di Myanmar

PERISTIWA » MALANG | 18 Desember 2018 00:01 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Mahasiswi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, Vanessa Evvato mengharumkan nama Riau dan Indonesia dalam kejuaraan internasional di Myanmar. Dia memperoleh 3 medali emas dari olahraga cabag renang.

Vanessa yang merupakan atlet cabang renang tim nasional Indonesia saat Asean Games 2018 lalu, berhasil menyumbang medali emas kedua dan ketiga di nomor estapet 4x100 meter gaya ganti. Dia juga unggul di 100 meter gaya dada individu putri dalam kejuaraan Asean University Games XIV di Myanmar yang diikuti oleh negara negara Asean.

Saat dihubungi melalui pesan WhatsApp Vanesa mengaku gembira dan terharu bangga atas prestasi yang diraihnya.

"Terimakasih kepada pimpinan Unilak dan Fakultas Ilmu Budaya dan teman-teman yang telah memberikan support dan doanya kepada saya," ujar Vanesa, Senin (17/12).

Vanesa menyebutkan, dia baru pertama kali menjadi juara di Asean University Games dan langsung menyumbang 3 medali emas sekaligus. Emas pertama di nomor 200 meter gaya dada putri.

"Dua medali emas lainnya di nomor estapet 4x100 meter gaya ganti putri dan di nomor 100 meter gaya dada putri," kata Vanesa.

Rektor Unilak Dr Hj Hasnati merasa bangga atas prestasi yang diraih mahasiswinya. Dia mengucapkan selamat kepada Vanesa karena membawa nama baik daerah Riau, khususnya kampus Unilak.

"Vanessa adalah pahlawan olahraga bagi Indonesia. Unilak sebagai tempat kuliah Vanessa memang memberikan dukungan penuh bagi mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi," kata Hasnati.

Hasnati menyebutkan, dalam penerimaan mahasiswa baru ini, Unilak juga memberikan beasiswa bagi mereka yang memiliki prestasi di bidang olahraga, akademik dan seni.

Di tahun 2018 ini, kata Hasnati, kampus Unilak banyak meraih prestasi di tingkat mahasiswa maupun dosen. Itu juga terjadi pada 2017 lalu tahun penuh prestasi bagi Unilak. Dia berharap, mahasiswa Unilak lainnya dapat meningkatkan dan menularkan bakat mereka kepada mahasiswa lainnya untuk berprestasi.

"Kampus Unilak adalah kampus unggul dan berprestasi untuk mengembangkan prestasi bidang olahraga dan akademisi," kata Hasnati.

ASEAN University Games (AUG) merupakan acara olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet dari perguruan tinggi di negara-negara anggota ASEAN, seperti Myanmar, Brunei, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Singapura, Philipina, Laos, Vietnam, Thailand dan Timor Leste di bawah naungan komite Olahraga Mahasiswa ASEAN (AUSC).

Baca juga:
Lulus Predikat Cumlaude dari IPB, Anak Tukang Ojek Raih IPK 3,95
Mahasiswa UNS bikin beton pondasi basement dari limbah kertas
Inspiratif, mahasiswa Unnes kembangkan teh herbal berbahan baku bunga mawar
KBRI Cairo beri penghargaan 201 mahasiswa RI berprestasi di Al-Azhar
Anak penjual mi ayam keliling jadi wisudawan terbaik di Fakultas Hukum UMP
Kunci sukses mahasiswa Malang bisnis Thai Tea hingga beromzet Rp 65 juta per bulan
4 Mahasiswa UNS sulap tulang sapi dan limbah marmer jadi beton bermutu tinggi

(mdk/gil)