Mahfud MD Buka Suara Soal Veronica Koman: Dia Ingkari Janjinya Kembali ke Indonesia

PERISTIWA | 19 November 2019 19:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko Polhukam Mahfud MD buka suara terkait aktivis HAM Veronica Koman. Veronica kini menjadi buronan penyidik Polda Jawa Timur.

Mahfud mengatakan Veronica sebetulnya WNI yang mendapatkan beasiswa di Australia. Kini, ia telah mengingkari janjinya untuk kembali ke tanah air.

"Veronica Koman itu Warga Negara Indonesia yang mendapat beasiswa untuk belajar ke Australia, dan mengingkari janji untuk kembali ke Indonesia sebagai penerima ikatan beasiswa. Itu saja," kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Selasa (19/11).

Dia menuturkan, telah berbicara ke pemerintah Australia, soal masalah Veronica. Menurutnya, bukan karena yang bersangkutan bicara lantang di negara Kanguru tersebut.

"Saya sudah katakan juga ke pemerintah Australia. Kalau kami bicara Veronica Koman bukan karena dia berbicara lantang di negara anda, tapi ini soal hukum kami, hak hukum kami," ungkap Mahfud.

Karenanya, masih kata dia, Veronica harus mempertanggungjawabkan hal tersebut.

"Dia harus bertanggung jawab. Kan begitu," katanya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra (mdk/rhm)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.