Mahfud MD Mengaku Sering Berdialog dengan Tokoh-MRP Bahas Konflik di Papua

Mahfud MD Mengaku Sering Berdialog dengan Tokoh-MRP Bahas Konflik di Papua
Mahfud MD. ©2021 Dok. Polhukam
PERISTIWA | 22 Juni 2021 09:03 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menananggapi terkait pernyataan Kordinator Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan (KPKC) Sinode Gereja Kristen Injil (GKI) Tanah Papua, Dora Balubun yang sering mengirim surat terkait konflik di Papua kepada pemerintah tetapi belum mendapatkan balasan.

Mahfud menegaskan pemerintah sudah berkali-kali melakukan dialog dengan para tokoh gereja, dat DPRD hingga Majelis Rakyat Papua (MRT) terkait penyelesaian konflik di Papua.

"Pemerintah juga sudah berkali-kali berdialog dengan tokoh gereja, tokoh adat, DPRD, MRP dan lain-lain," kata Mahfud dalam akun twitternya dikutip merdeka.com, Selasa (22/6).

Dia mengatakan pemerintah hingga saat ini lebih mengedepankan berdialog untuk penyelesaian Papua. Dengan prinsip dan batas NKRI yang mencakup Papua sudah final mulai dari politik, konstitusi, dan hukum internasional.

"Pemerintah tetap menekankan pada dialog dgn prinsip dan batas “NKRi yang mencakup Papua sudah final secara politik, konstitusi, dan hukum Internasional," ungkapnya.

Mahfud juga mengatakan pemerintah sudah satu irama dengan Papua yaitu melakukan pembangunan yang lebih baik. Salah satunya yaitu dengan bingkai kesejahteraan sesuai Inpres nomer 9/2020.

"Yang tidak kooperatif hanya segelintir KKB. Penegakan hukum terhadap KKB harus dilakukan, sebab KKB merusak harmoni di tengah-tengah kedamaian masyarakat," ungkapnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Mahfud MD Dukung Masa Jabatan Presiden Dua Periode Demi Batasi Kekuasaan
Menko Polhukam Gandeng Para Kiai Sadarkan Masyarakat Soal Bahaya Covid-19
Sebelum Revisi UU ITE Dikirim ke DPR, Mahfud Sebut Masyarakat Masih Bisa Beri Masukan
Mahfud MD Harap Pembahasan RUU KUHP Segera Mencapai Sepakat
Mahfud Sebut Penyelesaian Masalah di Papua Tak Bisa dengan Senjata

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami