Mahfud MD: Presiden Jokowi Tak Pernah Larang Menteri Bicara di Media

Mahfud MD: Presiden Jokowi Tak Pernah Larang Menteri Bicara di Media
Mahfud MD. ©2019 Merdeka.com/Dwi Narwoko
NEWS | 8 Februari 2022 14:11 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan, Presiden Jokowi tidak pernah melarang para menteri untuk berbicara kepada media. Bahkan, untuk isu sensitif sekali pun, pers menjadi corong utama pemerintah dalam penyampaian informasi kepada masyarakat.

"Arahan presiden kepada kami supaya banyak bicara di pers dalam beberapa kesempatan sidang kabinet, para menteri bicara lah agar rakyat tahu kita bekerja," kata Mahfud saat memberi sambutan pembuka pada Acara Konvensi Hari Pers Nasional (HPN) di Kendari melalui daring, Selasa (8/2).

Mahfud memastikan, munculnya para menteri ke hadapan publik bukan untuk kegenitan. Melainkan, agar pemerintah bisa mendapat masukan dan kritikan objektif yang memberi arti.

2 dari 2 halaman

"Bicara di pers itu bukan kegenitan, presiden sendiri tidak pernah melarang, tidak pernah tegur menteri, bicaralah agar diketahui masyarakat apa yang sudah dikerjakan, karena pers menjadi cermin kita," jelas Mahfud.

Namun kekinian, informasi tidak hanya disampaikan melalui corong pers. Media sosial menjadi wadah alternatif. Sayangnya, menurut Mahfud, pemerintah kerap mendapat tuduhan soal pemeliharaan buzzer. Padahal, buzzer atau pendengung adalah mereka yang tidak punya media dan tidak bisa dipertanggungjawabkan pernyataannya.

"Kita lihat kok yang disebut buzzer itu orang yang selalu membela atau ada di pihak pemerintah, seperti si A, si B, si C. Tapi ada di seberang sana juga ada yang selalu mengkritik kebijakan pemerintah tapi tidak disebut buzzer. Sehingga fenomena buzzer ini jangan selalu ditudingkan ke pemerintah," kata Mahfud. (mdk/rnd)

Baca juga:
Pemerintah Cari Aturan Hukum Pisahkan Konten Jurnalisme dengan Media Sosial
Wapres: Regulasi Publisher Rights Penting Ciptakan Persaingan Sehat Media Massa
Ketika Media Sosial Lebih Dipercaya daripada Media Konvensional dan Situs Pemerintah
Jokowi Batal Hadiri Peringatan Hari Pers Nasional di Kendari
Hari Pers Nasional, Wali Kota Bekasi Bicara Perkembangan Vaksin Covid-19
Doni Monardo Terima Penghargaan dari Dewan Pers: Ini Medali Emas Pentahelix

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini