Mahfud Md: RS Ummi dan MER-C akan Dimintai Keterangan Soal Swab Tes Rizieq Syihab

Mahfud Md: RS Ummi dan MER-C akan Dimintai Keterangan Soal Swab Tes Rizieq Syihab
Imam Besar FPI Rizieq Shihab Tiba di Petamburan. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori
PERISTIWA | 29 November 2020 20:59 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menko Polhukam Mahfud MD memastikan, pihak Rumah Sakit Ummi Bogor dan Organisasi Sosial Kemanusiaan MER-C akan dimintai keterangan terkait hasil swab test Rizieq Syihab. Mahfud meminta kedua belah pihak kooperatif untuk hadir memberikan keterangan.

"Dimintai keterangan mungkin hanya data-data teknis. Tetapi diminta keterangan itu harus datang, harus kooperatif," kata Mahfud Md dalam siaran konferensi pers melalui akun Youtube, Minggu (29/11).

Mahfud menegaskan, pemanggilan bukan berarti kedua pihak bersalah. Hanya sekadar dimintai data.

"Tidak mesti itu diminta keterangan itu sudah dinyatakan bersalah, mungkin hanya dimintai keterangan, jam berapa datang, siapa saja yang masuk dan sebagainya jadi tidak harus dia melanggar UU," kata Mahfud.

Sementara itu Mahfud memperoleh laporan bahwa MER-C tidak memiliki laboratorium. Tidak hanya itu, organisasi tersebut juga tidak memiliki kewenangan untuk melakukan tes.

"Berdasarkan catatan MER-C itu tidak memiliki laboratorium dan tidak terdaftar jaringan yang memiliki kewenangan untuk melakukan tes," ungkap Mahfud.

Sebelumnya, Direktur RS Ummi Andi Tatat menjelaskan, pelaksanaan tes PCR terhadap Habib Rizieq dilakukan MER-C. Pihak RS bukan sengaja menutupi hasil swab test terhadap Rizieq.

"Tidak ada maksud dari kami untuk menutupi. Kami akui ada kelemahan dalam komunikasi, sehingga terkesan menghalang-halangi. Seharusnya, saat ini tim dokter pribadi melakukan tes. Sesuai kesepakatan antara saya dan pemkot harus disaksikan. Kami menyampaikan permohonan maaf kepada Satgas Covid-19 Kota Bogor," kata Andi.

Rizieq Syihab sempat menjalani perawatan di RS Ummi, Kota Bogor. Dia juga sudah melakukan swab test. Namun pihak RS UMMI Bogor tidak melaporkan hasil swab test Rizieq Syihab. Sehingga, Satgas Covid-19 Kota Bogor melaporkan kasus ini pasa pihak kepolisian. Pada Sabtu (28/11) sekitar pukul 20.50 WIB, Rizieq meninggalkan rumah sakit atas kemauan sendiri. (mdk/noe)

Baca juga:
Aksi-aksi Rizieq Syihab yang Menjadi Sorotan, Perwira Tinggi TNI Sampai Buka Suara
Nasib Pahit Pejabat DKI Gara-Gara Kerumunan Acara Rizieq
Mahfud Minta Rizieq Syihab Kooperatif Penuhi Panggilan dan Keperluan Tracing
Doni Monardo Sesalkan Sikap Rizieq Syihab Menolak Dilakukan Tracing
Bima Arya Akan Cabut Laporan RS UMMI Soal Swab Test Rizieq Syihab
Polisi Antar Surat Panggilan Pemeriksaan Rizieq soal Acara Kerumunan di Petamburan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami