Mahfud Md: Terorisme Jadi Atensi Kerawanan Natal dan Tahun Baru 2019

PERISTIWA | 13 Desember 2019 10:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Mahfud MD menyampaikan, salah satu atensi kerawanan jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 masih terkait ancaman terorisme. Hal itu disampaikannya saat Rapat Koordinasi Persiapan Operasi Kepolisian 'Lilin 2019' di Auditorium STIK-PTIK Lemdiklat Polri, Jakarta Selatan.

"Beberapa hal yang jadi atensi kerawanan natal dan tahun baru di antaranya adalah ancaman terorisme, kelancaran arus mudik serta gangguan kamtibnas. Itu berdasarkan tahun-tahun lalu," tutur Mahfud di lokasi, Jumat (13/12).

Menurut Mahfud, rapat ini tentu dimaksudkan membahas peningkatan ancaman kerawanan menjelang natal dan tahun baru tersebut. Ini menjadi koordinasi guna mengetahui kesiapsiagaan dan sinergitas pejabat dan kementerian hingga lembaga untuk menanggulangi kerawanan.

"Kegiatan masyarakat dalam merayakan natal dan tahun baru berpengaruh pada peningkatan mobilitas masyarakat yang berpotensi kerawanan kamtibnas. Aksi-aksi ancaman teror, sweeping swasta oleh oknum tertentu, intoleransi antar umat beragama, hingga pembakaran rumah ibadah harus diantisipasi sedini mungkin," jelas dia.

1 dari 1 halaman

Berkaca Penyerangan Wiranto

Mahfud mencontohkan peristiwa yang menimpa mantan Menko Polhukam Wiranto beberapa waktu lalu. Termasuk juga ledakan bom di Polrestabes Medan.

"Mari kita pastikan bahwa penyelenggaraan ibadah keagamaan penuh toleransi, aman, dan damai di seluruh Tanah Air agar tercipta sebagai cerminan kerukunan hidup beragama masyarakat Indonesia," Mahfud menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra (mdk/ray)

Baca juga:
Perkuat Semangat Kebangsaan Agar Tak Mudah Dipecah Belah
Pimpinan Militer Inggris Sebut ISIS Belum Kalah dan Peringatkan Ancaman Teror
Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Papua
Bertemu di Bali, Prabowo Tingkatkan Kerja Sama Militer RI-Australia
Pelaku Teror di Jembatan London Warga Inggris Pernah Dipenjara karena Terorisme

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.