Mahfud MD Ungkap Ada Korban Pinjol Ilegal Bunuh Diri, Orangtuanya Mengira Sakit Perut

Mahfud MD Ungkap Ada Korban Pinjol Ilegal Bunuh Diri, Orangtuanya Mengira Sakit Perut
Mahfud MD Mengikuti Upacara HUT RI Secara Virtual. ©2021 Foto: Humas Kemenko Polhukam
NEWS | 22 Oktober 2021 14:22 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengaku sempat mendapat laporan dari salah satu masyarakat yang menjadi korban pinjaman online ilegal. Dalam laporannya, masyarakat tersebut menceritakan salah satu keluarga mereka sampai bunuh diri lantaran tidak bisa membayar. Bahkan ketika korban sudah meninggal dunia, para penagih tetap meneror mereka.

"Bahkan kepada saya ada laporan ada orang meninggal karena itu tetapi tetap keluarganya diteror suruh bayar, karena pinjam hanya 1,2 juta. Lalu naik, naik, terus meninggal bunuh diri, keluarganya yang nengok diteror. Ini tidak diberitakan karena dirahasiakan kepada orang tuanya di kampung meninggal karena sakit perut," kata Mahfud usai menggelar rapat bersama Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim) Komjen Pol Agus Andrianto dan LSPK di Kantornya dalam siaran Youtube Kemenko Polhukam, Jumat (22/10).

Berkaca dari kasus itu, Mahfud meminta masyarakat yang terus diteror penagih pinjaman online segera melapor ke polisi. Jika masih ada yang terlewat oleh Kepolisian, Mahfud meminta agar masyarakat tidak takut untuk melaporkan ulang.

"Saya tahu Polri sangat proaktif. Tetapi kalau masih ada yang terlewat silakan lapor. Proaktif itu sudah banyak sekali laporan-laporan," bebernya.

Mahfud juga meminta kepada para pelaku teror pinjaman online untuk menghentikan aksi mereka. Sebab pemerintah akan mengusut tuntas dan melindungi masyarakat.

"Hentikan teror-teror itu. Saya kira cukup produktif kerja Polri 3-4 hari ini, sehingga melihat hasilnya dan tidak akan pernah berhenti melindungi, karena negara harus hadir melindungi dari cara-cara seperti itu," pungkasnya. (mdk/lia)

Baca juga:
MUI Ajak Masyarakat Berantas Pinjol Ilegal Lewat Lembaga Keuangan Syariah
Polda Jatim Gerebek Kantor Pinjol Ilegal, 13 Orang Diamankan
Polisi Tangkap 45 Tersangka Pinjol Ilegal
VIDEO: Menko Polhukam Mahfud MD Minta Korban Pinjol Ilegal Tak Usah Bayarkan Utang
Penagih Pinjol: Bergaji Rp15 Juta Sebulan Hingga Kirim SMS ke Ribuan Nomor
Polisi Tangkap 2 Tersangka Terkait Pinjaman Online Ilegal di Pontianak
Begini Cara Kerja Pinjol Ilegal Menyebar SMS Berisi Tagihan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami