Mahfud Sebut Jokowi Merancang Draft Pepres Tentang Pelibatan TNI dalam Aksi Terorisme

Mahfud Sebut Jokowi Merancang Draft Pepres Tentang Pelibatan TNI dalam Aksi Terorisme
PERISTIWA | 9 Juli 2020 07:12 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, pemerintah membahas draft rancangan Peraturan Presiden tentang pelibatan TNI dalam aksi terorisme. Dia menuturkan, hal ini sesuai dengan amanat undang-undang.

"Hal itu adalah amanat undang-undang yang disebutkan bahwa TNI dilibatkan di dalam penanganan aksi terorisme dan itu diatur dengan suatu peraturan presiden. Oleh sebab itu, karena itu amanat undang-undang kita sekarang mengolahnya agar menjadi proporsional," kata Mahfud seperti dikutip dalam laman polkam.go.id, Rabu (8/7/2020).

"Karena dulu memang pikirannya terorisme itu adalah lebih ditekankan sebagai tindak pidana. Tindak Pidana itu artinya hukum maka namanya Undang-Undang Tindak Pidana Terorisme," lanjut dia.

Menurut dia, TNI harus terlibat di dalam skala tertentu, dalam jenis kesulitan tertentu, dalam situasi tertentu, dan dalam objek tertentu.

"Itu sekarang sedang disiapkan. Kita harus membuat itu, mudah-mudahan dalam waktu tidak lama bisa selesai," jelas Mahfud.

Dia mengklaim, draft Perpres tersebut akan diselesaikan secepatnya.

"Sekarang sedang di pelototi untuk diselesaikan secepatnya, karena draftnya sudah ada, tinggal penyerasian beberapa hal agar semua berjalan baik," pungkasnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Bertemu Pimpinan MPR, Jokowi Sebut Pemerintah Masih Kaji RUU HIP
Negara 'Digocek' Djoko Tjandra
Menko Polhukam Akan Minta Penjelasan Jaksa Agung dan Menkum HAM Soal Djoko Tjandra
Ini Alasan Pemerintah Tunda RUU HIP Menurut Menko Polhukam Mahfud MD
Mahfud MD: Terbit atau Tidaknya UU HIP, kan Sudah Ada BPIP
Mahfud MD Ingatkan Gubernur Jatim Terus Koordinasi dengan Daerah Atasi Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami