Makam Ani Yudhoyono Berdekatan dengan Ainun Habibie

PERISTIWA | 1 Juni 2019 17:19 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Petugas pemakaman Taman Makam Pahlawan Kalibata, Anshori, mengatakan makam ibu Ani Yudhoyono akan lebih besar 30 sentimeter dari biasanya. Anshori mengatakan makam ibu Ani dibuat lebih besar untuk mengantisipasi prosesi turun peti nanti.

"Biasanya lebar 120 cm, ini kita tambah 30 cm untuk mengantisipasi turun peti. Kedalaman makam satu meter tujuh puluh senti," ujar Anshori.

Proses penggalian makam dimulai sejak pukul 12.00 WIB hingga diperkirakan selesai pukul 17.00 WIB.

Menurut penuturan Kasubdit Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Makam Pahlawan Nasional dan Taman Makam Pahlawan Nasional, Iri Sapria, lokasi makam ditetapkan di blok M Nomor 129.

"Yang di sini sudah ada yang jelas ibu Ainun (Habibie). Yang lainnya ada para menteri juga mantan menteri," ujar Iri Sapria.

Sementara Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial, Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos, Drs Hotman saat ditemui di TMP Kalibata membantah jika pemilihan lokasi di samping ibu Ainun adalah inisiatif Kementerian Sosial.

"Pemilihan lokasi adalah wewenang Garnisun, dia cek tempat, kami hanya menyediakan lahan saja. Secara kebetulan di blok M ini masih ada space yang kosong untuk dimakamkan," ujar Hotman. (mdk/eko)

Baca juga:
Ketua MPR Hingga Imam Besar Istiqlal Takziah Ke Puri Cikeas
Annisa Pohan Mengenang 'Memo' yang Semangat Berlatih Demi Keluar Kamar Perawatan
Warga dan Tokoh Mulai Berdatangan Melayat Jenazah Ani Yudhoyono di Puri Cikeas
Jokowi Jadi Inspektur Upacara, Ini Prosesi Pemakaman Ani Yudhoyono
Cerita SBY saat Detik-Detik Perjuangan Ani Yudhoyono Hingga Meninggal
Presiden Jokowi Meninggalkan Kediaman SBY usai Satu Jam Melayat Ani Yudhoyono

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.