Makam di Halaman Kontrakan Raja Agung Sejagat Dibongkar, Isinya Kendi Ditutupi Kain

Makam di Halaman Kontrakan Raja Agung Sejagat Dibongkar, Isinya Kendi Ditutupi Kain
PERISTIWA | 17 Januari 2020 18:48 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Ratu Agung Sejagat, Fanni Aminnadia, diketahui sempat mengalami keguguran selama mengontrak di Berjo Kulon RT 05 RW 04, Sidoluhur, Godean, Sleman, DIY. Janinnya kemudian dimakamkan di pelataran rumah kontrakan.

Pjs Lurah Sidoluhur, Sudarmanto, menerangkan dari keterangan pengelola rumah, Mursinah diketahui Fanni mengalami keguguran sekitar dua atau tiga minggu yang lalu. Janin itu kemudian langsung dimakamkan di halaman rumah kontrakan.

"Jadi warga tidak ada yang tahu. Saat kemarin ada penggeledahan (dari polisi) baru ketahuan kalau ada makam di kontrakan yang ditinggali Pak Toto," ujar Sudarmanto, Jumat (17/1).

"Dari pengelola rumah, Bu Mursinah diketahui Bu Fanni keguguran sekitar dua atau tiga minggu yang lalu. Kebetulan warga tidak ada yang tahu. Atas kesepakatan bersama antara warga dan pengelola rumah, akhirnya makam akan dipindahkan," imbuh Sudarmanto.

warga pindahkan makam janin ratu agung sejagat

1 dari 1 halaman

Makam janin itu akan kemudian dipindahkan ke TPU Makam Penggel yang berada di Desa Sidorejo, Jumat (17/1).

"Kita pindahkan tadi. Harapan kami supaya janin mendapatkan tempat yang layak dan tidak menimbulkan gejolak di masyarakat," ucap Sudarmanto.

Dari pengamatan di lapangan, prosesi pemindahan makam didahului dengan pembongkaran makam. Saat dibongkar nampak sebuah kendi yang ditutupi oleh kain. Pemindahan makam dimulai pukul 16.00 WIB.

Kendi berisi janin selanjutnya dipindahkan ke tempat baru. Setelahnya dibungkus kembali dengan kain kafan.

Saat dipindahkan, janin yang disimpan dalam kendi dibawa dengan cara digendong menggunakan selendang oleh seorang warga setempat yang bernama Bejret. Kendi itu kemudian dipindahkan dengan berjalan kaki dari rumah kontrakan Toto ke TPU Penggel di desa Sidorejo. (mdk/lia)

Baca juga:
VIDEO: Warga Temukan Makam di Rumah Kontrakan Ratu Kerajaan Agung Sejagat
Tempati Lapas Semarang, Kondisi Ratu Keraton Agung Sejagat Dipantau Petugas
Ada Makam Bayi di Halaman Rumah Kontrakan Raja Keraton Agung Sejagat
Rajanya Ditangkap, Pengikut Keraton Agung Sejagat di Sleman Pindah
Polda Jateng Datangkan Psikolog Periksa Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami