Makna Lebah yang Hinggap di Muktamar PKB

PERISTIWA | 21 Agustus 2019 22:55 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Ketua Umum terpilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyampaikan kepada Wakil Presiden terpilih KH. Ma'ruf Amin mengenai simbol atau logo lebah yang digunakan dalam Muktamar PKB di Bali.

Cak Imin menjelaskan, bahwa simbol atau logo hewan lebah diambil dari salah satu surat An Nahl ayat 68 di dalam Alquran.

"Saya juga belum lapor sama Kiai Ma'aruf. Di Bali ini simbol atau logo PKB dalam Muktamar ini lebah sesuai dengan surat An Nahl ayat 68," kata Cak Imin dalam sambutannya di penutupan Muktamar PKB, Rabu (21/8).

"Saya menangkapnya, satu-satunya hewan yang mendapatkan wahyu langsung itu ya (Di) An Nahl, lebah. Kenapa lebah, karena kita punya komitmen untuk tidak pernah hinggap di tempat-tempat yang (tidak) baik, tidak pernah makan kecuali makan-makanan yang baik dan tidak akan pernah berproduksi kecuali berproduksi hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat rakyat dan bangsa," ujarnya.

"Kenapa lebahnya hinggap di simbol dan lambang PKB. Karena di PKB atau simbol PKB itulah rumah lebah penuh manfaat dan berkah bagi seluruh umat manusia," sambung Cak Imin.

Cak Imin juga menjelaskan, kenapa lebah hanya satu di simbol PKB bukan 2 dan 5 lebah. Karena di balik yang muncul itu (Sengatan) ada kekuatan lebah yang dasyat dan luar biasa yang tidak perlu ditampakkan tapi yang penting ujungnya mengejutkan.

"Simbol lebah ini juga satu komitmen bahwa berjemaahlah, bergerombollah berorganisasilah dalam satu kesatuan dalam kebersamaan jangan bercerai berai. Kalau ada yang melepas satu biasanya tidak lama kemudian mati, karena meninggalkan barisan," ujar Cak Imin.

"Biasanya kalau ada lebah nyasar tidak lama kemudian (mati). Nah ini menunjukkan filosofi bahwa bersama rombongan berjemaah, berimamah," tambah Cak Imin.

Namun Cak Imin juga mengaku bingung, karena di dalam rumah lebah itu ada pemimpinnya yaitu adalah ratu lebah.

"Nah saya masih bingung di dalam rumah lebah itu ada pemimpinnya, ratu lebah, perempuan siapa ini. Tenyata, tadi siang ketemu perempuan ratu lebahnya adalah Organisasi Perempuan Bangsa. Itu internalnya," ungkapnya disambut tepuk tangan penonton.

"Kalau lebih internal lagi, lebih internal lagi. Saya kok semakin yakin ratu lebahnya ada Kiai Ma'aruf Amin. Karena beliau Wapres, beliau punya pengalaman besar punya pengalaman panjang, bakti kepada PKB nyata sejak merintis," ujar Cak Imin.

Baca juga:
Cak Imin Bangga Muktamar PKB Dibuka Jokowi dan Ditutup Ma'ruf Amin
Kembali Jadi Ketum, Cak Imin Yakin PKB Bisa Menang Pemilu 2024
Ma'ruf Amin Ajak PKB Berperan Besar Sukseskan Pemerintahan Jokowi
PKB Tampik Rusdi Kirana Mundur dari Partai karena Cak Imin Jadi Ketum Lagi
Cak Imin Rela Lamar Hary Tanoe Demi Arya Sinulingga Masuk PKB

(mdk/rnd)