Malang Raya Memasuki New Normal, Khofifah Pesan Warga Disiplin Protokol Kesehatan

Malang Raya Memasuki New Normal, Khofifah Pesan Warga Disiplin Protokol Kesehatan
PERISTIWA » MALANG | 1 Juni 2020 02:27 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta warga di wilayah Malang Raya untuk memperkuat perilaku disiplin dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Imbauan ini disampaikan saat masa transisi usai pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir.

Khofifah mengatakan saat ini wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang) telah mulai masuk pada masa transisi menuju kondisi normal baru, pasca-PSBB yang berakhir pada 30 Mei 2020.

"Perlu penguatan disiplin protokol kesehatan, karena Malang Raya sudah masuk hari pertama transisi, pasca-PSBB," kata Khofifah di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu. Seperti dilansir Antara.

Khofifah berharap masyarakat bisa produktif namun tetap mengedepankan keamanan kesehatan agar tidak terpapar Covid-19 saat masa transisi menuju kondisi normal baru.

Perilaku disiplin yang harus diperkuat di antaranya tetap menggunakan masker pada saat berada di luar rumah, tetap menjaga jarak, dan mematuhi seluruh protokol kesehatan.

"Masyarakat Malang Raya yang produktif, sekarang bisa lari kencang, produktif, tapi tetap aman. Kata kuncinya adalah produktif dan aman. Kedisiplinan harus dikawal dan dipatuhi semua pihak," kata Khofifah.

Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, secara resmi mengakhiri pelaksanaan PSBB pada Sabtu, 30 Mei 2020. Pemerintah Provinsi Jawa Timur menilai berdasarkan hasil evaluasi, Malang Raya berhasil mengontrol penyebaran Covid-19.

Selain itu, kemampuan untuk melakukan tes Covid-19 secara mandiri di wilayah Malang Raya sudah tersedia, seperti yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar, Rumah Sakit Universitas Brawijaya, dan Rumah Sakit Lavalette Malang.

Saat ini, wilayah Malang Raya tengah melakukan masa transisi menuju kondisi normal baru, namun dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan. Diharapkan, perekonomian Malang Raya kembali berputar dengan tetap menekan penyebaran Covid-19.

Sejauh ini, jumlah pasien positif Covid-19 di Malang Raya mencapai 137 orang. Dari total tersebut, sebanyak 48 orang dinyatakan sembuh, 14 orang meninggal dunia, dan sisanya masih berada dalam perawatan. (mdk/noe)

Baca juga:
Dua Aspek Ini Jadi Penilaian Daerah Boleh Menerapkan Normal Baru Saat Wabah Corona
Menengok Rumah Makan yang Terapkan Protokol Kesehatan Menyambut New Normal
Penerapan New Normal Bagai Dua Sisi Mata Uang
Kepala Daerah Harus Lakukan Tahapan Ini Sebelum Terapkan New Normal
Sambut Kenormalan Baru, Penerbangan di Natuna akan Kembali Dibuka
Survei LSI Denny JA: Lima Alasan 5 Juni Warga Bisa Kerja Kembali

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5