Manusia Silver di Padang Bisa Kantongi Rp150 Ribu dalam Satu Jam

Manusia Silver di Padang Bisa Kantongi Rp150 Ribu dalam Satu Jam
Nenek Manusia Silver di Tangerang. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki
PERISTIWA | 7 Mei 2021 16:43 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Satuan Polisi PP Kota Padang mengungkapkan manusia silver atau perak yang meminta sedekah di persimpangan jalan utama di Kota Padang mampu meraup uang hingga Rp 150 ribu dalam waktu satu jam.

"Pada April 2021 kami telah menertibkan sebanyak 21 orang manusia silver, berdasarkan keterangan yang dihimpun setelah mereka diamankan ternyata bisa mengumpulkan uang sampai Rp150 ribu hanya dalam waktu satu jam," kata Kepala Satpol PP Kota Padang Alfiadi, Jumat (7/5).

Menurutnya, ternyata manusia silver yang beroperasi di Padang berasal dari luar Sumbar.

"Dengan pendapatan yang lumayan siapa yang tidak mau beraksi jadi manusia perak, tiga jam bisa dapat Rp 300 ribu," ujarnya.

"Selagi masyarakat masih memberikan uang artinya sama dengan membiarkan mereka terus hidup di jalan," jelasnya seperti dilansir dari Antara.

"Selagi masyarakat masih memberikan uang artinya sama dengan membiarkan mereka terus hidup di jalan," jelasnya seperti dilansir dari Antara.

Dan ketika tidak ada yang memberikan uang maka mereka akan bubar dengan sendirinya.

"Ibarat pasar ada permintaan ada penawaran, ketika ada peluang mendapatkan uang dengan mudah tentu mereka akan terus beroperasi," terangnya.

Dia mengatakan jika memang kasihan serahkan sumbangan kepada lembaga yang berkompeten sehingga jauh lebih bermanfaat. Alfiadi mengajak semua warga jika ingin menciptakan Kota Padang yang tertib dan aman maka semua pihak harus berpartisipasi dan tidak cukup hanya dibebankan kepada pemerintah kota saja.

"Dalam hal ini warga kota bisa berpartisipasi dengan tidak memberikan sumbangan," terangnya.

"Jika tidak maka setelah kami tangkap lalu diproses, diserahkan ke Dinas Sosial lalu mereka akan kembali ke jalan lagi, siklusnya akan terus begitu," tutup Alfiadi. (mdk/fik)

Baca juga:
1.300 PMKS di Jakarta Terjaring Razia Satpol PP
Satpol PP Amankan 40 Pengemis hingga Orang Terlantar di Solo saat Ramadan
PMKS Temuan Mensos Risma Difasilitasi Bekerja di Perusahaan BUMN
Satpol PP Jakarta Selatan Jaring PMKS Hingga Ondel-Ondel
Dinsos Sebut Marak 'Manusia Silver' Imbas Covid-19
Tepergok Beri Uang Kepada Pengemis & Manusia Silver di Palembang Didenda Rp 50 Juta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami