Ma'ruf Amin Hadiri Pelantikan Anggota DPR

PERISTIWA | 1 Oktober 2019 09:45 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin menghadiri pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10). Ma'ruf Amin tiba sekitar pukul 09.28 WIB.

Ma'ruf Amin datang memakai sarung dengan setelah kemeja putih dibalut jas biru dan peci hitam. Didampingi sejumlah ajudan, Ma'ruf Amin langsung menuju ruang rapat paripurna.

Beberapa anggota DPR terpilih juga sudah tiba di lokasi. Mereka di antaranya mantan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, mantan Gubernur Banten Rano Karno serta politisi Gerindra Mulan Jameela dan politisi PAN Abraham Lunggana atau yang akrab disapa Haji Lulung.

Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan, pelantikan anggota DPR akan dilaksanakan pukul 10.00-11.40 WIB. Susunan acara akan dimulai dengan pengumuman pimpinan sementara DPR/DPD/MPR RI oleh Sekjen DPR pada pukul 09.30.

Selanjutnya, Presiden bersama Wapres dan Ketua KPU memasuki ruang sidang paripurna pada 09.58. Tepat pada pukul 10.00, sidang paripurna akan dimulai dengan pengucapan sumpah atau janji anggota DPR.

Setelah rangkaian acara selesai pada pukul 11.40 WIB. Kemudian akan dilakukan rapat Badan Musyawarah atau Bamus yang diikuti oleh seluruh fraksi. Rapat itu guna menentukan jajaran pimpinan.

"Di rundown acara jam 10.00, tapi kami minta anggota (DPR) datang lebih pagi jam 07.00," kata Indra.

Baca juga:
PKS Tak Masalah Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Dipercepat Sehari
Jokowi Minta Pelantikan Presiden Dipercepat, PDIP Nilai Baiknya Hari Kerja
Resmi Daftar Bakal Cawalkot Tangsel dari PDIP, Putri Ma'ruf Amin Kembalikan Formulir
Perwakilan Pendeta Papua Bertemu Ma'ruf Amin
Ma'ruf Amin Janji Menjaga Keutuhan dan Kedamaian Papua
Jenguk ke RSPAD, Ma'ruf Amin Doakan BJ Habibie Sehat dan Kembali Beraktivitas
Ma'ruf Amin Mengenang Sosok BJ Habibie

(mdk/gil)