Ma'ruf Minta Daerah Proaktif Dalam Pendistribusian Alat Rapid Test

Ma'ruf Minta Daerah Proaktif Dalam Pendistribusian Alat Rapid Test
PERISTIWA | 26 Maret 2020 19:14 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut, pemerintah terus melakukan pendistribusian alat rapid test ke daerah-daerah terpapar. Wapres meminta pemerintah daerah ikut proaktif dalam pendistribusian peralatan terkait Covid-19 tersebut.

"Pengiriman dilakukan oleh BNPB ke provinsi-provinsi, kemudian distribusinya dilakukan oleh provinsi ke kabupaten/kota," ungkap Wapres Ma'ruf melalui teleconference, Kamis (26/3).

Wapres mengharapkan, dengan adanya bantuan alat rapid test tersebut, pemerintah daerah dapat proaktif dan tidak sekadar menunggu bantuan itu sampai.

"Sebab kadang-kadang ada daerah yang agak jauh dengan provinsi. Karena itu supaya distribusinya tidak terlambat. Kalau perlu mendatangi kemudian membawa sendiri supaya distribusinya lebih cepat sampai ke sasaran," jelas Wapres.

Sementara itu, terkait mengenai teknis pelaksanaan rapid test di daerah, kata Wapres, dilakukan dengan menyambangi rumah warga dan juga disediakan tempat dengan kapasitas yang terbatas.

"Ada door to door, ada juga disediakan di tempat dengan jumlah terbatas. Yang penting jangan sampai ada kerumunan yang banyak, tidak melanggar physical distancing sehingga kerawanannya bisa dihindari," papar Wapres.

Lebih lanjut, mengenai impor obat-obatan dan vitamin, Wapres mengatakan bahwa akan tetap berjalan sesuai dengan kebutuhan, khususnya bagi penanganan wabah Covid-19.

"Pemerintah menjamin itu akan berjalan karena kita memang membutuhkan tersedianya obat-obatan itu," kata Wapres.

1 dari 1 halaman

Utamakan Rakyat

Ma'ruf Amin menanggapi rencana anggota DPR dan keluarganya akan menjalani rapid test virus Covid-19. Wapres menyatakan, pemerintah mengarahkan rapid test tersebut untuk masyarakat.

"Saya kira kalau kebijakan pemerintah melalui BNPB itu memang diarahkan kepada masyarakat," kata Wapres.

Untuk itu, kata Wapres, pemerintah mendistribusikan alat kesehatan secara langsung ke pemerintah daerah. Terutama, bagi daerah-daerah yang rawan terpapar corona.

"Karena itu maka alat-alat kesehatan yang ada dari Pemerintah itu disalurkan melalui provinsi, kabupaten-kota terutama kepada daerah-daerah yang diduga ada potensi terjangkit yang lebih luas," jelas Ma'ruf. (mdk/eko)

Baca juga:
Ini Debitur yang Bisa Dapat Penangguhan Cicilan Kredit Selama 1 Tahun
CEK FAKTA: Hoaks Informasi Vaksin Pencegahan Virus Corona yang Siap Edar
Virus Corona Bisa Menjadi Penyakit Musiman Seperti Flu
RSUD Pasar Minggu Adakan Pemeriksaan Mandiri Covid-19
PT KAI Setop Sementara Sejumlah Perjalanan Kereta Imbas Covid-19
Ritual Pendeta Ethiopia untuk Cegah Penularan Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5