Ma'ruf Sebut MUI Gerbong Bagi Kaum Muslim dalam Jalankan Syariat Islam

PERISTIWA | 27 Juli 2019 16:29 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin menghadiri perayaan hari lahir ke-44 tahun Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Hotel Grand Sahid Jakarta. Acara itu juga dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ketua Umum MUI itu menyampaikan sambutan kepada para hadirin. Ia mengingatkan kepada seluruh pengurus MUI baik tingkat pusat ataupun daerah, agar menjalankan organisasi sesuai rel nya. Maksudnya adalah menjaga aqidah Islam. Terlebih lagi, ujar Ma'ruf, penduduk Indonesia merupakan muslim.

Ibarat kereta api, Ma'ruf Amin mengatakan MUI adalah gerbong bagi kaum muslim dalam menjalankan syariat islam. Sehingga untuk mencapai tujuan harus tetap berada dalam rel.

"Ini yang sudah digariskan hasil musyawarah. Karena itu, ini ibarat rel. Kita tidak boleh keluar. Karena perjalanan MUI itu ada relnya, ada tujuannya," ujar Ma'ruf, Sabtu (27/7).

Ia juga menyampaikan larangan mengaitkan MUI jika satu pihak atau kelompok tertentu memiliki tujuan dan sikap yang berbeda dari kesepakatan bersama.

"Kalau ingin di luar aturan-aturan (MUI) maka jangan gunakan MUI, karena MUI ada relnya. Silakan gunakan kendaraan lain seperti taksi bisa dibawa kemana-mana," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Ma'ruf kembali mengingatkan peran MUI dalam bermasyarakat dan bernegara yakni menjaga persatuan serta menempatkan diri sebagai pelayan umat dan mitra pemerintah.

Hal itu sesuai dengan tema milad tahun ini yang mengusung 'Meningkatkan Perkhidmatan dan Kemitraan MUI dalam Rangka Penguatan Ukhuwah Islamiyah dan Persatuan Bangsa'.

Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB itu juga dihadiri Wapres Jusuf Kalla, Anggota DPD terpilih sekaligus cendikiawan muslim Jimmly Asshiddiqie, para pengurus MUI pusat dan daerah, serta para duta negara sahabat. (mdk/eko)

Baca juga:
Terpilih Wapres, Ma'ruf Amin Mau Tokoh MUI Terus Dilibatkan di Pilpres Berikutnya
Hadiri Milad ke 44 MUI, Ma'ruf Amin dan Istri Umbar Senyum
Didampingi Sekjen PDIP, Ma'ruf Amin Hadiri Pembubaran TKN
Mufida Jusuf Kalla Ajak Istri Ma'ruf Amin Kunjungi Destinasi Wisata Malino
Ma'ruf Amin Tanggapi Amien Rais: Rekonsiliasi Tergantung Kesepakatannya Seperti Apa
Ma'ruf Amin Merasa Tak Perlu Dilibatkan dalam Penyusunan Kabinet

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.