Masih Pandemi, Pura Mangkunegaraan Surakarta Tiadakan Kirab Pusaka Malam 1 Sura

Masih Pandemi, Pura Mangkunegaraan Surakarta Tiadakan Kirab Pusaka Malam 1 Sura
Istana Pura Mangkunegaran Surakarta. ©2021 Merdeka.com/Antara//Bambang Dwi Marwoto
NEWS | 5 Agustus 2021 20:55 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Pihak Istana Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah meniadakan upacara tradisi kirab pusaka karena suasana pandemi. Biasanya, kirab dilaksanakan untuk menyambut malam 1 Sura (kalender Jawa) yang jatuh pada Senin (9/8).

"Seperti pada tahun sebelumnya (Meniadakan upacara tradisi kirab pusaka) karena situasi masih pandemi Covid-19," kata Juru bicara Pura Mangkunegaran Surakarta, Joko Pramudya, di Solo. Demikian dikutip dari Antara, Kamis (5/8).

Ia menjelaskan, alasan meniadakan kirab karena pemerintah masih menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 untuk mencegah penularan COVID-19.

Selain itu, pihaknya sedang merenovasi beberapa titik di kawasan Pura Mangkunegeran sebagai program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Namun, kata dia, beberapa kegiatan lainnya dalam memperingati malam 1 Sura atau Senin (9/8) malam, seperti jamasan pusaka dan wilujengan masih diadakan secara internal dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Dia mengatakan, beberapa bangunan yang dipugar antara lain penataan bangunan Prangwedangan, Ndalem Ageng, dan Pringgitan. Kegiatan dilakukan Kementerian PUPR.

Pihak Istana Pura Mangnegaran sejak pandemi hingga saat ini, juga menutup kunjungan wisata. Namun, untuk layanan perpustakaan masih bisa diakses dengan terlebih dahulu melakukan reservasi.

Pihaknya juga membatasi pengujung perpustakaan, yakni tidak boleh lebih dari lima orang. Pembatasan waktu kunjungan di perpustakaan, pukul 09.00-12.00 WIB.

Pihaknya masih membuka layanan perpustakaan tersebut secara terbatas untuk memfasilitasi mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir kuliahnya.

"Kami membantu mahasiswa yang mungkin sedang menyelesaikan tugas akhir, karena akan kesulitan mencari referensi atau data. Namun, jika akan datang ke perpustakaan harus reservasi dahulu, supaya bisa diatur jamnya," katanya.

Dia mengatakan karena gedung Rekso Pustaka Pura Mangkunegaran sedang direnovasi, maka sementara waktu perpustakaan dipindahkan ke ruangan di selatan gerbang timur. (mdk/lia)

Baca juga:
Kemenag: 1 Muharram Tetap 1443 H, Hari Libur Digeser Jadi 11 Agustus 2021
Kemenag Bahas Naskah Akademik Unifikasi Kalender Hijriyah
5 Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Muharram, Kenali Hukum dan Sejarahnya
7 Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura, Kenali Sejarah dan Hukum dalam Islam
H+3 Libur Tahun Baru Islam, 329 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta
460 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta H-1 Hingga H+1 Libur Tahun Baru Islam

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami