Masjid di jalur Pantura & Pansela Jawa ditambah fasilitas buat pemudik

PERISTIWA | 9 Juni 2018 15:34 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen Syafruddin mengatakan masjid sepanjang jalan arteri yang dilalui para pemudik khususnya di jalur Pantura dan Pansela Pulau Jawa disiapkan untuk para pemudik. Nantinya, bakal ada beberapa fasilitas yang sudah tentu memudahkan pemudik beribadah maupun beristirahat.

"Seluruh jumlah masjid sepanjang jalan arteri mulai dari Jakarta sampai Jawa Timur, demikian pula Pantai Selatan, jalur selatan kita sudah imbau dan diskusikan kepada seluruh pengurus masjid untuk menjadikan masjid tempat peristirahatan pemudik dan memberikan pelayanan-pelayanan dan posko," kata Syafruddin di Kantor DMI, Jalan Jenggala 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6).

Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan dan fasilitas lainnya kepada para pemudik, DMI juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). DMI, kata Syafruddin tak hanya mengurus masalah masjid dan keagamaan tapi juga persoalan sosial.

"Palang Merah Indonesia domainnya mengurus masalah sosial. Jadi ada satu motto melayani permasalahan sosial kemasyarakat. Kebetulan ketuanya satu orang, jadi disatukan saja," jelasnya.

Sebelumnya Ketua DMI, Jusuf Kalla mengimbau kepada pengurus DMI di berbagai daerah khususnya yang dilintasi jalur mudik agar menyiapkan masjid untuk memberikan kemudahan bagi para pemudik. Masjid bisa dijadikan tempat persinggahan bagi para pemudik untuk beristirahat sejenak di tengah perjalanan.

(mdk/rhm)