Massa Aksi Sidang Sengketa Pilpres 2019 Serukan Pesan Moril untuk Hakim MK

PERISTIWA | 18 Juni 2019 12:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Massa dari Ikatan Keluarga Besar Universitas Indonesia (IKB UI) dan Komunitas Indonesia Berdaulat (KIBAR) menggelar demonstrasi di depan Patung Kudang, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Aksi demonstrasi yang dikemas dengan gelar budaya Betawi ini menyerukan pesan moril kepada hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang tengah bertugas menghakimi sengketa Pemilu 2019.

Pesan moril tersebut berupa tuntutan supaya para hakim MK menerapkan keadilan secara substantif.

"Keadilan substantif artinya MK berwenang untuk memeriksa seluruh tahapan proses pemilu dimana terdapat indikasi kecurangan pemilu yang sifatnya terstruktur, sistematis, dan masif. Keadilan substantif akan menyelamatkan kehidupan berbangsa dan bernegara dari potensi kehancuran atau perpecahan yang diakibatkan oleh kecurangan dan ketidakadilan yang terjadi dalam pelaksanaan Pemilu 2019," tegas Tim Advokasi IKB UI-KIBAR, Djudju Purwantoro melalui keterangan tertulisnya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/6).

Pesan moral tersebut disampaikan massa aksi dengan mengusung nilai-nilai luhur yang terkandung dalam budaya Betawi, yakni Ondel-ondel. Ondel-ondel dianggap memiliki nilai filosofis sebagai lambang pemelihara keamanan.

"Sebagaimana diakui oleh Pemerintah Daerah dalam Peraturan Gubernur Nomor 11 Tahun 2017 tentang Icon Budaya Betawi. Dalam pergub itu, filosofi Ondel-Ondel adalah sebagai perlambang kekuatan yang memiliki kemampuan memelihara keamanan dan ketertiban, tegar, berani, tegas, jujur dan anti manipulasi," ucap Djudju.

Sebelumnya diketahui, massa yang menamakan dirinya sebagai Ikatan Keluarga Besar Universitas Indonesia (IKB UI) dan Komunitas Indonesia Berdaulat (KIBAR) menggelar aksi di depan Patung Kuda. Diketahui, mereka menggelar demonstrasi sejak pukul 09.00 Wib.

Mereka membentangkan slogan 'Aksi Ini Bukan Bela Prabowo. Aksi Ini Bela Kedaulatan Rakyat. Kembalikan Kedaulatan Rakyat dari Perampok Suara Rakyat'. Terlihat pula slogan 'We Stands for Honest and Fair Constitutional Court Judges' yang diangkat oleh beberapa peserta aksi.

Aksi tersebut dikemas dengan pagelaran seni khas Betawi. Terlihat juga sepasang Ondel-Ondel dalam aksi tersebut. Selain menunjukkan Ondel-Ondel, aksi itu juga disertai dengan iringan musik khas Betawi.

Reporter: Yopi Makdori

Baca juga:
Ekspresi Peserta Sidang Kedua Sengketa Pilpres 2019
Tim Hukum Jokowi-Ma'ruf Tanggapi Permohonan Prabowo-Sandi di MK
Yusril Singgung Post Truth Politics di Sidang MK
Kubu Jokowi-Ma'ruf Pertanyakan Klaim Kemenangan Prabowo-Sandi Kerap Berubah
Jika Tak Ramai Hoaks Selama Sidang MK, Kominfo Pastikan Tidak Batasi Akses Medsos

(mdk/rhm)