Masuk Zona Merah, Pemkot Tasikmalaya Tak Gelar Salat Id di Masjid Agung

Masuk Zona Merah, Pemkot Tasikmalaya Tak Gelar Salat Id di Masjid Agung
Panen Kurma. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 9 Mei 2021 22:27 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Masjid Agung Kota Tasikmalaya dipastikan tidak akan digunakan untuk kegiatan salat sunat Idulfitri di tahun 2021. Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf, Minggu (9/5).

Yusuf menyebut tidak digunakannya Masjid Agung Kota Tasikmalaya untuk salat Idulfitri sesuai dengan instruksi langsung dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat. Instruksi itu berisi larangan penggunaan masjid-masjid besar menjadi tempat salat id di daerah zona merah.

Yusuf mengungkapkan bahwa Kota Tasikmalaya saat ini ada di zona merah Covid-19. Selain tak menggelar salat Id di Masjid Agung Kota Tasikmalaya, kata Yusuf, warga juga dilarang mengadakan takbir keliling.

"Zona merah kita sekarang, masjid besar tidak boleh ada salat Id. Takbir keliling juga sama tak boleh. Saya dengan terpaksa ini, kita sudah dapat instruksi dari pusat untuk Lebaran nanti, masjid agung tak diperbolehkan salat Id. Jadi tak dipakai salat Idulfitri. Kalau ada yang maksa, masih bisa cari lapang-lapang atau tempat dekat dengan masjid agung tapi tetap sesuai protokol kesehatan," ujar Yusuf.

Dia mengatakan bahwa jika pihaknya tidak menjalankan instruksi pemerintah pusat maka diperkirakan akan terjadi desak-desakan saat pelaksanaan salat sunat Idulfitri. Oleh karena itu, dia berharap agar masyarakat mengikuti anjuran tersebut dan senantiasa melakukan protokol kesehatan.

Yusuf memastikan bahwa pihaknya di malam takbir pihaknya akan melakukan pengetatan pengawasan karena takbir keliling dipastikan akan dilarang. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk pelaksanaannya agar penyebaran Covid-19 bisa ditekan dan Kota Tasikmalaya tidak lagi di zona merah.

"Saya juga tidak ada open house termasuk kegiatan pas Lebaran nanti. Yang penting jaga Prokes ya, jangan dianggap bahwa Corona sudah tidak ada, ternyata kan kita zona merah lagi," tutup Yusuf. (mdk/gil)

Baca juga:
Jalan Hidup Santri Asal Papua di Kota Wali
Kapolri Ingatkan Daerah Zona Merah Covid-19 Tak Membuka Tempat Wisata
Cegah Covid-19, Kemenag Imbau Tak Takbir Keliling dan Open House saat Lebaran
Sambangi Pelabuhan Merak, Puan Minta Distribusi Logistik Lebaran Tak Terganggu
Mobilitas Masyarakat ke Pusat Perbelanjaan Meningkat 24,60 Persen
Surabaya Zona Oranye, Wali Kota Minta Warga Tak Takbir Keliling dan Salat Id di Rumah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami