Masyarakat yang Ikut Kegiatan Habib Rizieq Diminta Segera Swab Tes

Masyarakat yang Ikut Kegiatan Habib Rizieq Diminta Segera Swab Tes
Warga Petamburan jalani rapid test. ©2020 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
NEWS | 23 November 2020 12:25 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo meminta agar masyarakat yang mengikuti acara Habib Rizieq mulai dari penjemputan di Bandara Soekarno Hatta hingga acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Barat untuk melakukan tes swab. Tujuannya untuk mencegah secara cepat penyebaran Covid-19.

"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat yang ikut dalam aktivitas tersebut agar secara sukarela bersedia untuk melakukan swab antigen yang telah disiapkan oleh pemerintah dan dinas kesehatan DKI Jakarta di sejumlah puskesmas," kata Doni usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (23/11).

Doni memastikan, pemeriksaan dilakukan secara gratis kepada masyarakat. Jika ada yang dinyatakan positif melalui swab PCR, mereka harus melakukan isolasi mandiri. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan mandiri, nantinya puskesmas akan menyediakan akses untuk isolasi.

"Hal ini adalah sebuah langkah upaya untuk melindungi kesehatan masyarakat. Inilah tugas kita semua untuk menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat agar secara sukarela bersedia melakukan pemeriksaan swab apakah PCR atau antigen. Sekali lagi, upaya untuk mengetahui secara dini akan sangat membantu percepatan penyembuhan," ungkap Doni.

Pada kesempatan sama, Doni mengakui penambahan kasus disebabkan libur panjang dan kegiatan berkerumun yang dilakukan beberapa hari lalu salah satunya penjemputan Habib Rizieq Shihab. Dilakukan di wilayah Bandara Soekarno Hatta, Petamburan, Tebet Timur hingga Megamendung, Jawa Barat.

"Sejumlah kasus yang ikut menambah terjadinya kasus selama libur panjang adalah kegiatan-kegiatan kerumunan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. Terutama di wilayah Bandara Soetta, di wilayah Kelurahan Petamburan, dan juga wilayah Slipi. Kemudian juga Tebet Timur, serta Megamendung," kata Doni. (mdk/noe)

Baca juga:
Panglima TNI Dukung Pangdam Jaya Mayjen Dudung Turunkan Baliho Rizieq Syihab
Penuhi Panggilan Polisi, Wagub DKI Siap Berikan Keterangan Sesuai Fakta
Pangdam Jaya Sebut ada 900 Baliho Rizieq Syihab di Jakarta yang Belum Diturunkan
Spanduk Hingga Baliho Rizieq di Tangerang Ditertibkan Satpol PP, Polisi dan TNI
Pangdam Jaya Mayjen Dudung Jelaskan Awal Mula TNI Turunkan Baliho Rizieq Syihab
Wagub DKI Riza Patria akan Penuhi Panggilan Polda soal Acara Rizieq

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami