Mayoritas Pasien Corona Meninggal Dunia di DIY Miliki Penyakit Penyerta

Mayoritas Pasien Corona Meninggal Dunia di DIY Miliki Penyakit Penyerta
PERISTIWA | 29 Juli 2020 19:08 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Angka kematian pasien positif virus Corona di DIY terus bertambah. Pada hari ini, Rabu (29/7), tercatat 19 pasien positif virus Corona yang meninggal dunia.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, mayoritas pasien positif virus Corona yang meninggal dunia diketahui memiliki penyakit penyerta (komorbid). Kondisi itu membuat keadaan pasien menjadi berat.

"Yang sampai pada meninggal dunia hampir semuanya karena komorbid bawaan yang membuat pasien menjadi lebih berat," katanya, Rabu (29/7).

"Jadi saya kira kalau kita lihat kematian yang pada bulan Juli ini kan penambahannya signifikan dengan (jumlah) kasus positif. Kasus positif yang kita temukan walaupun terbesar OTG tetapi yang punya komorbid itu juga banyak," sambung Aji.

Dia menerangkan, Pemda DIY mendorong agar pihak rumah sakit harus meningkatkan perawatan dan pengawasannya kepada pasien positif virus Corona. Diharapkan nantinya angka kematian pasien positif virus Corona di DIY yang memiliki riwayat komorbid bisa ditekan.

"Kalau di pasien positif itu kan penanganan tidak segampang menangani orang sakit yang tidak terkonfirmasi positif. Karena perawatannya harus selalu pakai APD lengkap. Peralatan tidak bisa keluar masuk begitu saja. Jadi sepakat rumah sakit itu akan menambah fasilitas lebih baik lagi," tutupnya. (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami