Mbah Lindu, Penjual Gudeg Legendaris di Yogyakarta Tutup Usia

Mbah Lindu, Penjual Gudeg Legendaris di Yogyakarta Tutup Usia
PERISTIWA | 12 Juli 2020 22:31 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Penjual gudeg legendaris berusia 100 tahun, Biyem Setyo Utomo atau dikenal dengan nama Mbah Lindu tutup usia. Mbah Lindu meninggal dunia pada Minggu (12/7) pukul 17.58 WIB.

Mbah Lindu merupakan penjual gudeg di Jalan Sosrowijayan, Kota Yogyakarta. Sudah lebih dari 80 tahun Mbah Lindu berdagang makanan yang disebut sebagai makanan khas Yogyakarta.

Anak perempuan Mbah Lindu, Ratiyah (54) menerangkan bahwa Mbah Lindu meninggal karena penyakit sepuh atau tua. Mbah Lindu meninggal dunia di rumahnya yang berada di Klebengan blok E-6, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY.

"Mbah Lindu meninggal dunia tadi setelah adzan magrib. Meninggal diumur 100 tahun. Mbah Lindu meninggal di rumah kebetulan ditunggui oleh anak, cucu dan keluarga,"ujar Ratiyah.

Ratiyah menuturkan menurut rencana Mbah Lindu akan dimakamkan di pemakaman umum Klebengan yang berada tak jauh dari rumah duka. Mbah Lindu direncanakan akan dimakamkan pada Senin (13/7) jam 11.00 WIB.

Ratiyah menuturkan sebelum meninggal pada Sabtu (6/6) yang lalu Mbah Lindu sempat jatuh di dapur. Setelahnya sempat dirawat di RS Panti Rapih selama dua hari. Kemudian Mbah Lindu dibolehkan pulang.

"Kata dokternya memang tidak ada yang sakit. Memang karena sudah tua saja. Kemudian disuruh pulang ke rumah. Di rumah ya masih sempat membantu masak dan mengupas telur," kata Ratiyah.

Ratiyah menyebut sejak tiga hari Mbah Lindu tidak mau makan. Sebelum meninggal Mbah Lindu sempat minum air putih.

"Sebelum meninggal tadi sempat minta air putih. Masih bisa bilang Allah, Allah gitu,"ungkap Ratiyah.

Dari pantauan di rumah duka, nampak sudah banyak warga maupun saudara yang datang. Jenazah Mbah Lindu disemayamkan sementara di ruang tamu rumah duka. (mdk/eko)

Baca juga:
Kisah Mbah Lindu, Jualan Gudeg Sejak Zaman Penjajahan
Hasil Swab, Pendiri PKS Hilmi Aminuddin Positif Covid-19
Sosok Hilmi Aminuddin Dianggap Ulama Rujukan Bagi Generasi Muda PKS
Politisi Gerindra Meninggal Dunia di Singapura
5 Fakta Meninggalnya Ayah Ivan Gunawan, Masih Bisa Jalan Saat di RS dan Penyakit Gerd

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami