Megawati Dukung BRICS Bentuk 'New Development Bank'

Megawati Dukung BRICS Bentuk 'New Development Bank'
Megawati Soekarnoputri. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 19 Mei 2022 23:56 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mendukung inisiasi pembentukan sebuah bank pembangunan (New Development Bank) oleh negara-negara BRICS (Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan).

Megawati mengatakan hal itu saat berbicara dalam BRICS Political Parties, Think Tanks, and Civil Society Organization Forum yang digelar di Beijing. Megawati hadir secara virtual melalui layanan telekonferensi. Demikian dilansir Antara, Kamis (19/5).

Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping mengucapkan salam hangat atas penyelenggaraan BRICS Forum. Megawati mengatakan pihaknya sepakat dengan adanya kerja sama internasional.

Bagi bangsa Indonesia sendiri, menurut Megawati, prinsip kerja sama internasional harus dilakukan berdasarkan ideologi Pancasila dengan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, nasionalisme, demokrasi, dan keadilan sosial.

Hal itulah yang disampaikan Presiden Pertama Indonesia Soekarno atau yang dikenal dengan nama Bung Karno melalui Pidato di PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) pada tanggal 30 September 1960 yang terkenal dengan judul "To Build the World A New".

Melalui pidato tersebut, kata dia, pentingnya tata dunia baru yang lebih berkeadilan dengan mengusulkan Tiongkok sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB menjadi suatu hal penting yang disampaikan Bung Karno, kata Megawati.

"Konsepsi tata dunia baru yang berkeadilan harus terus diperjuangkan. Dengan prinsip yang sama, kerja sama partai politik di forum ini dapat difokuskan bagi upaya mewujudkan keadilan, melalui kerja sama ekonomi, kebudayaan, dan kerja sama untuk mereduksi berbagai kesenjangan sosial," kata Megawati.

2 dari 2 halaman

Atas dasar hal tersebut, kata dia, terhadap upaya BRICS dalam mewujudkan sistem keuangan dunia yang lebih berkeadilan melalui sebuah pembentukan New Development Bank dan adanya alternatif cadangan devisa baru, serta alternatif infrastruktur teknologi komunikasi sangat diapresiasi.

Megawati mengatakan kerja sama masa depan yang lebih mengedepankan kelestarian alam harus ditingkatkan dan diimplementasikan. Dalam perspektif ini, papar dia, kesadaran ekologis guna memastikan ketersediaan pangan, sekali lagi harus dikedepankan.

"Semoga melalui BRICS Forum ini, dialog antarpartai politik dapat semakin meningkatkan kualitas kehidupan demokrasi yang menempatkan rakyat, sekali lagi, menempatkan rakyat sebagai satu-satunya sumber legitimasi, orientasi kebijakan, dan dasar bagi seluruh kerja sama internasional," kata Megawati. (mdk/ray)

Baca juga:
Megawati Dorong Parpol di Negara BRICS Kerja Sama Atasi Masalah Dunia
Duet Prabowo-Puan dan Perjanjian Batu Tulis
VIDEO: Tangis Megawati Pecah saat Pidato di Korsel, Dapat Gelar Profesor Kehormatan
Megawati Suarakan Perdamaian di Semenanjung Korea, Dorong Lewat Dialog & Kebudayaan
Megawati Terima Gelar Profesor Kehormatan dari Seoul Institue of The Arts

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami