Megawati Ingatkan Pegawai Kemensos Setia dengan Pancasila

PERISTIWA | 9 Desember 2019 19:20 Reporter : Anwar Khumaini

Merdeka.com - Pancasila merupakan ideologi dasar bangsa Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, seharusnya nilai-nilai Pancasila tertanam dalam diri. Sebab, Pancasila merupakan sebuah dasar yang menyatukan keberagaman masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Sehubungan dengan hal itu Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Sosial (Kemensos) agar menjaga nilai-nilai Pancasila. Para ASN (Aparatur Sipil Negara)
diingatkan agar tidak mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

Di hadapan peserta kegiatan Internalisasi dan Pembumian Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan di Lingkungan Kemensos, di TMPN Kalibata, Jakarta Selatan, Senin, 9 Desember 2019, Megawati mengaku bingung melihat segelintir orang hendak mengganti Pancasila dengan ideologi lain, misalnya khilafah.

©2019 Merdeka.com

"Jangan rusak Republik Indonesia. Beberapa negara Timur Tengah hingga hari ini berperang karena ingin membangun khilafah. Sudah berapa tahun khilafah hilang. Semenjak Turki menjadi Republik, sudah tidak ada lagi," kata Megawati.

Ketika sejumlah orang berniat menggantikan Pancasila, sejumlah negara malah sangat mengagumi Pancasila. Megawati menyebut beberapa negara di Afrika yang masing sering terlibat perang saudara ingin meniru konsep Pancasila karena dipercaya mampu menyatukan seluruh rakyat.

"Banyak negara yang mengakui kita punya ideologi yang mantap, yang bisa menjaga kedamaian, kasih sayang, dan toleransi, meskipun keberagamannya besar," kata Megawati.

©2019 Merdeka.com

Megawati mengingatkan kepada para pegawai Kemensos agar tidak terpengaruh paham- paham yang menyesatkan. Apalagi jika berkeinginan mengganti ideologi bangsa dengan suatu paham yang mengatasnamakan agama dan merugikan orang lain.

"Kalau kamu punya ide untuk sesuatu yang jahat, pasti kamu suatu saat akan dijahati juga oleh orang lain," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan kegiatan tersebut untuk memastikan setiap program dan kebijakan di Kemensos sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mensos Juliari tidak ingin ada program dan kebijakan Kemensos yang menyimpang dari Pancasila.

©2019 Merdeka.com

Menurut Mensos Juliari, ASN saat ini harus memberikan kualitas yang baik sekaligus berkarakter Pancasilais. Kegiatan Internalisasi dan Pembumian Pancasila rencananya akan dilakukan setiap tahun.

"Kegiatan ini positif, merupakan hasil kerja sama dengan Lemhanas dan ibu Megawati. Kegiatan ini minimal diadakan sekali setahun," ujar Mensos Juliari.

Turut hadir pada kegiatan Internalisasi dan Pembumian Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan di Lingkungan Kemensos tersebut Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos Andi ZA Dulung dan Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kepemimpinan Lemhanas Mayjen TNI Juwondo. (mdk/paw)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.