Megawati Mau Perbaiki Nama Baik Bung Karno yang Dicap Komunis

Megawati Mau Perbaiki Nama Baik Bung Karno yang Dicap Komunis
Megawati Soekarnoputri hadiri Harlah NU secara virtual. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 20 April 2022 21:00 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berbicara terkait ayahnya Soekarno yang dicap sebagai orang bertendensi komunis. Dia pun mau memperbaiki nama baik sang proklamator.

"Bung Karno proklamator kita, pahlawan bangsa kita, ada keputusannya karena apa? Masih banyak ada orang yang mengatakan, 'Hah, Bung Karno itu kan ada tendensinya komunis', ini saya mau memperbaiki nama baik beliau," ujar Megawati lewat youtube BRIN Indonesia, Rabu (20/4).

Menurutnya, Soekarno selalu memikirkan agar perut rakyatnya bisa kenyang. Dia heran mengapa sang Presiden RI pertama kerap dibicarakan seperti itu.

"Beliau selalu mengatakan, 'Apa yang terpenting bagi rakyatmu? Perutnya kenyang'. Bagaimana mengadakan perut kenyang rakyat? Jangan hanya cengeng kenaikan harga dan sebagainya," ujar Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional ini.

Lebih lanjut, Megawati meminta agar kepala daerah punya perencanaan untuk menyejahterakan rakyat. Harapannya, masukan-masukan dari BRIN hingga Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) bisa membantu pemerintah daerah.

"Kalian itu kepala kepala pemerintahan di daerah loh. Buat sebuah perencanaan, itu backup-nya sudah saya katakan ada BRIN, sekarang pembentukan Brida. Saya minta dengan segala hormat saya kepada Menteri Dalam negeri untuk mempercepat pembentukan Brida-Brida ini," ucapnya.

"Kita hanya sodorkan sebaiknya dilakukan seperti ini, monggo kepala pemerintahannya mau menjalankan apa tidak. Tapi karena ini riset, itu tidak ada namanya politik, ini sebuah netralitas dan objektivitas yang ada," kata Megawati. (mdk/rhm)

Baca juga:
Megawati Heran Ibu-Ibu Beli Baju Baru padahal Lain Sisi Bingung Antre Minyak Goreng
Megawati: Presiden Tegaskan Tidak Ada Penundaan Pemilu, Kurang Apalagi?
Megawati Heran Mahasiswa Demo: Anak Sekarang Ini Ngerti Apa Enggak ?
Di Hadapan Mendagri, Megawati Kritik Rencana Pemekaran Daerah
VIDEO: Sering Diadu Domba, Cak Nun Bilang 'Bu Mega Enggak Benci sama Saya'

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami