Megawati Minta Pengusaha dan Kader Kepala Daerah Buat Kebun Raya

PERISTIWA | 5 April 2019 08:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Umum Yayasan Kebun Raya Nasional Megawati Soekarnoputri menginginkan keberadaan kebun raya di Indonesia diperbanyak. Megawati melihat banyak potensi lahan di Indonesia belum dimanfaatkan maksimal.

"Kebun raya saya lihat potensinya luar biasa, bisa diperindah. Seperti pohon kemuning. Kalau sudah berkembang wanginya seperti apa," kata Megawati saat mengunjungi Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat, Jumat (5/4).

Ketua Umum PDI Perjuangan ini juga mengharapkan budidaya tumbuh-tumbuhan endemik Indonesia dan luar negeri diteliti dengan baik. Menurut dia, sejauh ini, anggaran penelitian tentang hal tersebut masih sangat kecil.

Meski begitu, masalah anggaran dapat diakali dengan meminta pengusaha agar membuatkan lahan perkebunan. Salah satunya dengan membiarkan pengusaha-pengusaha menggunakan namanya di lahan perkebunan. "Ada Rumah Anggrek Bogor itu dari kami," tambah dia.

Megawati mengaku pernah mengembangbiakkan bunga sakura dari Jepang di Indonesia. Tanaman itu ditaruhnya di sekitar Cibodas. Ia lantas mendorong kepada kadernya yang menjadi kepala daerah untuk membuatkan kebun raya. Semangat itu ditanamkannya agar kehidupan berbangsa ini tidak melulu tentang pekerjaan dan politik.

Sama seperti kunjungan Mega ini ke Kebun Raya Kuningan. Di tengah-tengah kehidupan yang serba politik ini, Megawati ingin menitipkan pesan untuk tidak melupakan lingkungan hidup.

"Saya dari dulu mengatakan bahwa memberi pelajaran politik itu bahwa politik itu sebenarnya bagian dari kehidupan. Jadi bukan hanya mereka yang ikut politik itu jadi pragmaris, menjadi sangat kering, karena tak ada yang dipikirkan selain berpolitik," tandas dia.

Sementara itu, Megawati juga sempat menyinggung perpolitikan di Indonesia. Menurutnya, terjun ke politik tidak berarti melepas tanggung jawab menjaga lingkungan.

"Politik itu sebenarnya bagian dari kehidupan, jadi bukan hanya mereka yang ikut berpolitik itu jadi pragmatis," kata Megawati

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Megawati Panen Raya di Indramayu
Megawati Minta Masyarakat Tak Termakan Ajakan Golput
Survei Charta Politika: PDIP, Gerindra dan Golkar Masih Unggul di Pileg 2019
Hadiri Panen Raya di Indramayu, Megawati Ajak Anak Muda Tak Malu Bertani
Menangkan PDIP, Megawati Kampanye di Cirebon dan Indramayu

(mdk/eko)