Megawati Serukan Lawan Pihak yang Mau Ubah Ideologi Pancasila

Megawati Serukan Lawan Pihak yang Mau Ubah Ideologi Pancasila
Megawati. ©2021 Merdeka.com/Antara
NEWS | 19 Agustus 2021 10:43 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Presiden kelima RI sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan negara Indonesia akan ambruk jika ideologi Pancasila diubah menjadi ideologi lain.

"Kalau kita ubah ideologi kita dengan ideologi lain, saya bilang pasti negara kita ambruk, ndak ada namanya Negara Kesatuan Republik Indonesia, bhinneka tunggal ika, bermacam-macam tapi satu jua," kata Megawati saat memberikan pembekalan kepada Purnapaskibraka Duta Pancasila, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/8). Seperti dilansir Antara.

Megawati mengatakan jika ada pihak-pihak yang ingin merobek-robek dan mengubah ideologi Pancasila, maka orang seperti itu haruslah dilawan.

"Kalau mau dirobek-robek, mohon maaf, Ibu walau sudah tua begini, Ibu lawan orang kayak begitu. (Memangnya) Kamu hidup di mana? Kamu ikut berjuang? Pasti akan aku bilang begitu. Mana perjuanganmu untuk Indonesia Raya ini," kata Megawati.

Pada kesempatan tersebut, Megawati menekankan Purnapaskibraka atau Paskibraka yang telah selesai bertugas, merupakan kader bangsa utama, yang mengerti arti Pancasila dan harus menjadi tameng Pancasila.

Dia menegaskan menjaga ideologi Pancasila tidak bisa hanya digembar-gemborkan, namun harus dilaksanakan.

Putri Bung Karno itu, juga menyerukan kepada Purnapaskibraka Duta Pancasila agar kelak dapat menjadi orang politik yang sebenarnya.

"Politik beneran, bukan politikus orang yang hanya mau mejeng. Tapi benar-benar bela negara, nggak gampang lho," ujar Megawati. (mdk/ded)

Baca juga:
Megawati Bersyukur Orang Indonesia Punya Rasa Gotong Royong Kuat di Tengah Pandemi
Megawati Kepada Duta Pancasila: Harus Jadi Orang Politik Bukan Politikus Suka Mejeng
Megawati: Mau Dibully Seribu Kali Saya Enggak Takut Dukung Jokowi
VIDEO: Megawati Sampai Nangis Lihat Jokowi Dihina dengan Kata Kodok
Tak Hadiri Webinar Lintas Agama, Megawati Ada Pertemuan Tertutup dengan Jokowi

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami