Meja dan Kursi SMK Negeri 1 Rangas Mamuju Diambil Warga Usai Diguncang Gempa

Meja dan Kursi SMK Negeri 1 Rangas Mamuju Diambil Warga Usai Diguncang Gempa
Reruntuhan Gedung SMK Negeri 1 Rangas pasca gempa. ©2021 Merdeka.com/Ahmad Udin
PERISTIWA | 27 Januari 2021 19:22 Reporter : Ahmad Udin

Merdeka.com - Kondisi bangunan SMK Negeri 1 Rangas Mamuju, Sulawesi Barat, rusak total akibat guncangan gempa dengan kekuatan magnitudo 6,2. Kemudian diperparah dengan ratusan fasilitas milik sekolah, hampir habis dijarah oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pantauan merdeka.com, di lokasi SMK negeri Rangas, di beberapa tempat parkiran kendaraan guru dan siswa dalam areal halaman sekolah.

Sejumlah berkas dan lemari kantor yang berisi dokumen sekolah serta beberapa meja sofa kantor dipenuhi pelataran parkir. Dan di samping parkiran, hanya terlihat beberapa mobiler siswa yang bisa dihitung dengan jari yang berhasil diamankan oleh pihak sekolah.

Kepala SMK Negeri Rangas, Mahmud mengatakan sebelum sekolah ini dirobohkan, ribuan mobiler milik sekolah berhasil diamankan di tempat yang layak. Namun mobiler yang sudah dipisahkan itu langsung dijarah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Saya hampir dikeroyok pak, karena saya larang ambil meja dan bangku itu. Saya larang karena itu milik sekolah. Eh malah saya mau dikeroyok. Mobiler yang dijarah itu adalah mobiler yang masih bisa dipakai kembali yang sudah kami pisahkan," kata Mahmud kepada merdeka.com, Rabu (27/1).

Dia menyebutkan, SMK Negeri Rangas yang merupakan sekolah favorit memiliki luas 3,8 hektare dan memiliki siswa berjumlah 1.108 yang sudah terdaftar di Dapodik. Sekolah ini memiliki sejumlah jurusan, sehingga sangat disayangkan jika sekolah ini tidak memiliki secepatnya bangunan yang representatif.

"Kami sudah laporkan ke Kementerian pendidikan soal kondisi sekolah kami yang sudah roboh akibat gempa. Sekolah ini memiliki ribuan siswa mau di kemanakan. Kami minta petunjuk dulu sama pemerintah apakah kami buat bangunan darurat atau seperti apa," ujar dia.

Seperti diketahui gedung SMK Negeri 1 Rangas, diguncang gempa magnitudo 6,2. Beberapa kondisi bangunan langsung ambruk dan gedung lainnya alami rusak berat.

Kondisi bangunan sekolah yang 100 persen tidak bisa digunakan, sekolah tersebut sudah dirobohkan dengan menggunakan alat berat.

Saat ini, areal sekolah menjadi lahan kosong dan yang tersisa adanya reruntuhan beton dan warga yang sibuk mencari rezeki sisa besi rangka beton untuk di jual ke pengumpul. (mdk/gil)

Baca juga:
BNPB Kerahkan 4 Helikopter Distribusikan Logistik ke Desa Terpencil di Sulbar
Daerah Terdampak Gempa Ulumanda Sulbar kini Teraliri Listrik Kembali
BNPB: 92.075 Orang Masih Mengungsi Akibat Gempa Sulbar
Kader Muda Gerindra Diinstruksikan Bantu Korban Bencana
BNPB: Kerugian Gempa di Sulbar Mencapai Rp 829 Miliar
Korban Meninggal Akibat Gempa di Sulbar Mencapai 105 Orang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami