Melihat Ranjang Besi Peninggalan BJ Habibie di Parepare

PERISTIWA | 11 September 2019 23:52 Reporter : Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Ranjang besi dan lemari kayu antik milik almarhum BJ Habibie di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, masih bertahan hingga kini. Kedua perabot tersebut tersimpan di rumah keluarga almarhum Usman Balo di Kota Parepare.

Rumah tersebut sebelumnya adalah milik keluarga almarhum BJ Habibie. Rumah tersebut dijual lantaran ayah Habibie, Alwi Abdul Jalil Habibie pindah tugas ke Surabaya, Jawa Timur. Akhirnya rumah seluas 10x15 meter itu dijual beserta perabotannya kepada almarhum Usman Balo.

Keponakan almarhum Usman Balo, Imran (63) mengatakan, bagian dalam rumah tersebut tidak banyak mengalami perubahan. Hanya ada sedikit pembenahan dilakukan pada pintu depan dan lantai rumah.

"Dari perabotan yang ada, hanya ranjang besi dan lemari kayu antik yang bertahan. Lainnya seperti kursi telah rusak," ujarnya, Rabu (11/9).

Dia mengungkapkan, rumah kediaman keluarga almarhum teknokrat ini tidak pernah dikunjungi pelancong kecuali wisatawan luar negeri.

"Yang pernah kunjungi dan lihat-lihat rumah ini adalah orang dari Jerman. Tapi saya tidak tahu mereka wisatawan atau apa," ujar Imran.

Kediaman keluarga almarhum BJ Habibie di Parepare tidak hanya satu. Karena ada satu lagi rumah tempat BJ Habibie dilahirkan. Rumah itu adalah rumah dinas saat Alwi Abdul Jalil Habibie bertugas di Parepare.

Baca juga:
Sandiaga: Kita Kehilangan Bapak Iman dan Takwa
Kegemaran Habibie Koleksi Mobil dan Motor Klasik
BJ Habibie Wafat, Pemkot Serang Gelar Upacara Pengibaran Bendera Setengah Tiang
Ini Pesan BJ Habibie ke Kepala Bappenas
Cerita Wiranto Tentang BJ Habibie Saat Jadi Menteri Hingga Presiden RI ke-3

(mdk/fik)