Meluas, Kebakaran Hutan di Ponorogo Mendekati Pemukiman Warga

PERISTIWA | 21 November 2019 09:01 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Kebakaran hutan pinus milik perhutani terjadi di KPH 105 Ngebel. Kebakaran yang terjadi mulai Rabu (20/11) hingga Kamis (21/11) ini, mulai meluas mendekati pemukiman warga.

Awalnya api hanya sebatas di hutan pinus wilayah Desa Wates, Kecamatan Jenangan. Namun karena angin, api meluas hingga wilayah Kecamatan Pulung.

"Kebakarannya hutan pinus di Jenangan belum padam. Bahkan meluas hingga hutan pinus yang berada di Kecamatan Pulung," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono, Kamis (21/11).

Bahkan, kata dia, api hingga pagi ini masih terus menyala dan sudah mulai mendekati pemukiman warga.

"Ya kurang 1 kilometeran lagi mendekati wilayah pemukiman. Bisa saja merambat mendekat lagi," tegas Budi, sapaan akrab Setyo Budiono.

1 dari 1 halaman

Petugas Kesulitan Padamkan Kebakaran

Dia mengaku petugas belum bisa memadamkan api, karena kondisi di lokasi yang curam. Medan titik api juga sulit dijangkau dengan kendaraan roda 4.

"Pemadaman akhirnya menggunakan cara tradisional. Dengan gepyok daun kering. Sementara itu yang bisa dilakukan," tegasnya.

Untuk itu, dia mengatakan masih belum bisa menyampaikan berapa luasan hutan pinus yang terbakar. Karena hingga kini api belum padam. Terakhir, kata dia, petugas sudah membuat ilaran agar api tidak merembet semakin mendekat. "Sudah dibuat ilaran. Petugas juga masih berjaga di sekitar lokasi," pungkasnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Intensitas Hujan Rendah, Tiga Titik Panas Muncul di Ibu Kota Baru Indonesia
Satu Hektare Lahan di Batas Kota Garut dan Kabupaten Bandung Terbakar
Pria Australia Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Hutan Demi Lindungi Ladang Ganja
Ratusan Personel Gabungan Padamkan Kebakaran di Gunung Lawu
KLHK Sebut Nilai Ganti Rugi Karhutla Capai Rp315 Triliun
Polda Riau Tetapkan PT Tesso Indah Estate Tersangka Karhutla