Membanggakan, Atlet Cilik Indonesia Juara I Kejuaraan Karate di Eropa

PERISTIWA | 23 September 2019 11:24 Reporter : Mardani

Merdeka.com - Kabar gembira datang dari Praha, Republik Ceko. Seorang karateka cilik Indonesia yang bernama Heizmy Gursyifa berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan nama bangsa.

Siswi kelas 5 SDN I Gunung Kidul, Purwakarta ini, berhasil meraih juara 1 pada ajang Kejuaraan Karate Tradisional tingkat Eropa. Gadis kelahiran Bandung 19 Juni 2008 ini tampil gemilang di babak final Kata Yunior Putri yang berlangsung pada Minggu, 22 September 2019 waktu setempat.

Dia berhasil mengalahkan karateka junior lainnya dari Austria dan tuan Rumah Republik Ceko lalu meraih huara. Ketua Umum Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI), H.M. Muchlas Rowie, yang mendampingi Heizmy selama kejuaraan, mengatakan prestasi tersebut sungguh luar biasa dan menggembirakan bagi dunia olahraga Tanah Air.

"Awalnya kami nothing to lose saja, tak memasang target khusus. Namun ternyata, di luar dugaan, karateka kita berhasil meraih prestasi yang membanggakan," kata Muchlas dalam keterangannya, Senin (23/9).

Dia mengucapkan terimakasih kepada Presiden of Czech Federation, Ing. Rachmy Soebadjo, kedutaan besar Indonesia untuk Republik Ceko, dan para supporter Indonesia di Praha, Republik Ceko. Sebab, keberhasilan Heizmy salah satunya dicapai karena dukungan mereka.

Menurutnya, berkat bantuan mereka, Heizmy bersama para kontingen lain bisa mengatasi kendala teknis selama kejuaraan, salah satunya bahasa. Sebab persiapan keberangkatan kontingen Indonesia yang singkat mengakibatkan agak kesulitan untuk menerima beberapa peraturan pertandingan.

"Kekurangan itu bisa ditutupi Heizmy yang secara skill memang cukup mumpuni," katanya.

Heizmy diketahui sejak umur umur 8 tahun sudah meraih gelar juara tingkat nasional pada Kejurnas di Palembang. Kemudian pada usia 10 tahun, Heizmy berhasil menyabet 2 medali emas untuk nomor Kata dan Kumite.

Di Menpora Cup tahun 2016 dan Kejurda antar pelajar zona III tahun 2018, Heizmy kembali meraih medali emas untuk nomor kata dan kumite. Saat ini, Heizmy tercatat telah memegang sabuk hitam Dan I Children terkecil.

Baca juga:
Molor 5 jam, kejuaraan karate se-Asia akhirnya dibuka Panglima TNI
Panglima dipanggil Presiden, kejuaraan karate se-Asia batal dibuka
Jenderal Gatot optimis atlet karate RI raih emas di Olimpiade 2020
Pertama kalinya karateka Indonesia raih emas di kejuaraan dunia
Karate Hanya Targetkan Satu Emas di Asian Games 2014

(mdk/dan)