Menag Gus Yaqut Imbau Salat Gaib untuk Awak Kapal Nanggala 402

Menag Gus Yaqut Imbau Salat Gaib untuk Awak Kapal Nanggala 402
Menag di Surabaya. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 25 April 2021 20:01 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur dalam bertugas. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan duka mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI AL itu. Menag mengimbau umat beragama untuk mendoakan seluruh awak kapal Nanggala-402.

"Hari ini duka mendalam bagi bangsa, saya mengajak dan mengimbau seluruh umat beragama untuk meluangkan waktu, mendoakan yang terbaik untuk awak KRI Nanggal 402," ujar Gus Yaqut dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/4).

Dia kemudian mengajak umat Muslim untuk menggelar salat gaib. Dia berharap, dosa para prajurit tersebut diampuni. Dia juga mengimbau masyarakat untuk mendoakan keluarga yang ditinggalkan.

"Mari kita lakukan salat gaib untuk mendoakan para pejuang bangsa, almarhum syuhada KRI Nanggala 402. Semoga mereka mendapat ampunan dan rahmat dari Allah SWT," harapnya.

"Doakan juga keluarga yang ditinggalkan agar diberi kekuatan dan ketabahan. Aamiin," tutupnya.

Seperti yang diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 meninggal dunia. Hal ini diketahui berdasarkan hasil citra bawah air secara visual menggunakan kamera. Tim pencari berhasil menemukan bagian dari KRI Nanggala yang meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, dan baju keselamatan awak kapal MK 11.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," ujar Hadi dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4). (mdk/ded)

Baca juga:
Salat Gaib untuk 53 Awak KRI Nanggala-402
Tabur Bunga akan Dilakukan di Titik Tenggelamnya Kapal KRI Nanggala 402
53 Awak Kapal Nanggala Gugur, Polri Siapkan 2 Posko SAR di Buleleng dan Banyuwangi
Ketua DPR Minta Evakuasi Jenazah 53 Prajurit KRI Nanggala 402 Tetap Dilanjutkan
Kasal: Kapal Selam KRI Nanggala-402 Ditemukan ROV Singapura
Kasal Ajukan Pengangkatan KRI Nanggala 402 Dari Kedalaman 838 Meter

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami