Menag: Hari Pancasila saat Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Wujudkan Keberagaman

Menag: Hari Pancasila saat Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Wujudkan Keberagaman
PERISTIWA | 1 Juni 2020 20:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Hari Lahir Pancasila tahun 2020 diperingati dalam suasana berbeda akibat pandemi Covid-19. Menteri Agama Fachrul Razi berpesan agar umat beragama dapat menjadikan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum meneguhkan kerukunan dan kegotongroyongan antarumat.

"Memperingati Hari Lahir Pancasila saat pandemi ini harus bisa menjadi momentum untuk mewujudkan keberagamaan kita dalam aksi-aksi kebersamaan merawat kemanusiaan," terang Menag di Jakarta, Senin (1/6).

"Mari terus jaga kerukunan dan perkuat kegotongroyongan umat beragama menuju masyarakat produktif dan aman Covid," lanjutnya.

Mdnurut Fachrul Indonesia harus bersyukur sebagai negara yang religius, telah menjadikan ketuhanan sebagai pilar utama berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, dia mengingatkan tidak perlu lagi ada yang menghadap-hadapkan antara komitmen terhadap Pancasila dengan komitmen beragama. Pancasila itu semuanya nilai substantif agama.

"Lima sila Pancasila mengingatkan bangsa Indonesia bahwa berketuhanan Yang Maha Esa menjadi jiwa dan landasan atas sikap cinta tanah air, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, gotong royong mengutamakan kebersamaan serta peduli pada sesama," terangnya.

Selain itu, Fachrul juga menyampaikan rasa hormat kepada Presiden dan Wapres, serta seluruh pimpinan dan bangsa Indonesia yang tetap memperingati Hari Lahir Pancasila meski dalam situasi pandemi Covid-19. (mdk/ray)

Baca juga:
Fraksi PKS: Pancasila Beri Landasan Bertindak Menghadapi Covid-19
Peringatan Hari Pancasila, Wapres Ma'ruf Ingatkan Implementasi di Kehidupan Nyata
Ridwan Kamil: Jangan Tergoda Ideologi Agama yang Membuat Kita Tercerai-berai
Cak Imin Yakin Ajaran Pancasila Mampu Bawa RI Lewati Pandemi Covid-19
Wali Kota Bengkulu Ajak Warga Amalkan Nilai Pancasila & Berlomba dalam Kebaikan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5