Menag Pastikan Tenda yang Terbakar di Mina Bukan untuk Jemaah Haji Indonesia

PERISTIWA | 6 Agustus 2019 07:47 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin menyebut kebakaran yang terjadi di Mina menimpa sejumlah tenda yang akan ditempati oleh jemaah dari Asia Tengah dan Asia Selatan.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat meninjau kesiapan tenda-tenda untuk jemaah Indonesia di Mina, Senin sore waktu setempat mengaku mendapatkan informasi dan laporan terkait terjadinya kebakaran di Mina.

"Betul kemarin ada sedikit insiden kebakaran tenda di Mina tapi skupnya kecil saja, terjadi pada siang hari dan itu terjadi di tenda-tenda yang akan didiami oleh jemaah haji Asia Tengah, Asia Selatan dari India, Pakistan, Myanmar, Burma," katanya seperti dikutip Antara, Selasa (6/8).

Ia juga meminta agar jemaah dari Indonesia tetap tenang dan tidak panik mendengar kabar tersebut.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tidak ada korban luka, itu hanya peristiwa kecil dan mudah-mudahan tidak akan terjadi di masa-masa yang akan datang," katanya.

Pada Minggu (4/8) video kebakaran di sejumlah tenda di Mina sempat viral dan beredar luas di kalangan jemaah dari Indonesia.

Banyak dari mereka yang kemudian bertanya-tanya dan ingin mendapatkan kepastian perihal tenda yang terbakar tersebut.

Video itu direkam secara amatir oleh orang yang menggunakan bahasa Arab dan terdengar beberapa kali percakapan dalam bahasa Arab dengan latar gambar asap hitam yang mengepul di atas tenda-tenda Mina yang bercungkup khas dan berwarna putih sehingga amat mudah dikenali.

Baca juga:
Termakan Iming-iming Berangkat Dipercepat, 59 Calhaj Ditipu Mentah-mentah
Cerita Pengasuh Ponpes di Karanganyar Diundang Khusus Raja Salman Naik Haji
Embarkasi Solo Berangkatkan 34.756 Calon Haji ke Tanah Suci
8.652 Jemaah Haji Embarkasi Medan Diterbangkan, 116 Gagal Berangkat
Kloter 96 Berangkatkan Jemaah Tertua Embarkasi Solo

(mdk/bal)